Turut Semarakkan 76 Tahun TNI, PSHT Denpasar Gelar Aksi Kemanusiaan

Minggu, 03 Oktober 2021 : 23.20
PSHT Cabang Denpasar menggelar bakti sosial turut menyemarakkan HUT TNI Ke-76 yang dilaksanakan di Banjar Sanga Agung, Desa Tegal Harum, Denpasar./Dok. PSHT Denpasar

Denpasar - Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Denpasar menggelar aksi kemanusiaan berupa bakti sosial dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-76 yang dilaksanakan di Banjar Sanga Agung, Desa Tegal Harum, Denpasar.

Kegiatan mengusung tema : Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang dihadiri Dandim 1611/Badung diwakili Mayor Inf Mohammad Sutopo, pejabat Pasi Personel Kodim 1611/Badung, Perwira Seksi Personel Kodim 1611/Badung (Pasipersdim).

Selain itu hadir,  Perbekel Desa Tegal Harum I Komang Adi Widiantara beserta Kelian Dusun dan Kelian Banjar Tegal Harum dan undagan lainnya.

Turut hadir perwakilan perguruan di bawah naungan IPSI seperti IKS Kera Sakti, ASAD, Tapak Suci, PN (Pagar Nusa) dan PP Suro.

Bakti sosial PSHT Denpasar bekerja sama dengan UUD PMI Tabanan yang selalu bersinergi dan sudah sering kali mengadakan donor darah bersama.

Ketua Panitia dan juga Litbang PSHT Cabang Denpasar Miftachur Rohman menyatakan, kegiatan baksos ini merupakan agenda tahunan rutin digelar PSHT Cabang Denpasar.

"Baksos kali ini untuk memperingati HUT TNI pada 5 Oktober, begitu juga yang kami lakukan kemarin 1 Juli, memperingati HUT Bhayangkara," tutur Rohman dalam sambutannya, Minggu (3/10/2021)

Apa yang dilakukan PSHT ini, sebagi wujud bahwa organisasi yang berpusat di Madiun Jawa Timur itu selalu bersinergi dengan instansi-instansi baik pemerintah, swasta, TNI, Polri dan stakeholder  lainnya.

"Kami selalu instruksikan kepada seluruh anggota PSHT, mari jaga stabilitas keamanan di lingkungan berada masing-masing," tukas pegiat sosial kemasyarakatan ini.

Pendek kata, di mana ada PSHT di situ ada kedamaian, sebagaimana ajaran dari PSHT yaitu mendidik manusia berbudi luhur tahu benar dan salah, bertaqwa kepada Tuhan YME.

"Sudah jelas dalam ajaran bahwa sebagi anggota PSHT harus mampu menjadi garda terdepan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, tentunya selalu bersinergi dengan stakeholder yang ada," tandas pria asal Tulungagung Jawa Timur ini.

Bakti sosial PSHT Denpasar bekerja sama dengan UUD PMI Tabanan yang selalu bersinergi dan sudah sering kali mengadakan donor darah bersama/Dok. PSHT Denpasar.

Dalam donor darah kali ini, diikuti 85 anggota PSHT, Perbekel Desa Tegal Harum, Prajuru adat atau Pecalang Banjar Sanga Agung, Kepala Dusun Banjar Sanga Agung dan warga sekitar Banjar Sanga Agung.

Pada kesempatan itu, Mayor Inf  Mohammad Sutopo dari Kodim 1611/Badung mengajak keluarga besar PSHT selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan untuk menjaga NKRI.

"Karena anggota PSHT terbanyak, sehingga PSHT ada dimana-mana, saya pernah bertugas keliling Indonesia selalu bertemu dengan saudara dari PSHT" tukas Sutopo.

Sutopo mengaku jika dirinya merupakan waarga anggota dari PSHT yang di ahkan atau di wisuda tahun 1989.

"Mari jadikan momentum HUT TNI ini sebagi langkah untuk meningkatkan sinergisitas dengan TNI dan stakeholder yang ada,"ajaknya.

Perbekel Desa Tegal Harum I Komang Adi Widiantara juga menyampaikan hal senada.

"Kami atas nama Pemerintah Desa Tegal Harum memberikan apresiasi kepada PSHT Cabang Denpasar yang selalu mengadakan kegiatan-kegiatan positif khususnya yang diadakan di wilayah Desa Tegal Harum," ucap Adi Widiantara.

Pihaknya juga melakukan baksos penanaman pohon tane buye di lapangan basket Desa Tegal Harum, 

Diharapkan, kedepannya PSHT bisa selalu bisa bersinergi, terus memberikan yang terbaik bagi Desa Tegal Harum, Kota Denpasar Khususnya dan Bali pada umumnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi