Presiden: PON Menjadi Panggung Persatuan dan Persaudaraan Bangsa Indonesia

Minggu, 03 Oktober 2021 : 08.44

Presiden Joko Widodo saat membuka PON XX Papua Tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021 malam/Dok. Biro Pers Setpres.
Papua-Hajatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 memiliki makna besar bagi seluruh rakyat Indonesia yakni menjadi panggung persatuan, panggung kebersamaan, dan panggung persaudaraan.

"PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, dan panggung persaudaraan," tegas Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat membuka PON XX Papua Tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021 malam.

Ditambahkan, PON adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai NKRI.

Dikatakan, pnyelenggaraan pekan olahraga ini juga menggambarkan kemajuan Papua dan menunjukkan kesiapan infrastruktur di Tanah Papua. 

Demikian juga, memperlihatkan kesiapan masyarakat Papua untuk menyelenggarakan acara besar dan untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

Disebutkan, stadion sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, darat, dan udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan sumber daya manusia Papua merupakan capaian-capaian lain Papua yang sangat membanggakan.

Selain terus meningkakan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, Presiden juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua. 

Tegas Presiden Jokowi, prestasi Anak muda Papua harus terus dipupuk dan dikembangkan.

"Prestasi atlet Papua seperti Lisa Rumbewas atlet angkat besi, Serafi Anelies Unani atletik, Franklin Ramses Burumi atletik, Boaz Solossa sepak bola, harus diikuti oleh anak muda anak muda Papua lainnya," harapnya dikutip dari keterangan tertulis.

Tidak hanya bidang olahraga, kreativitas di bidang musik seni dan budaya juga sangat membanggakan. Menurut Kepala Negara, lagu “Cuma Saya” dari MAC dan “Jang Ganggu” dari Shine of Black pasti akan diikuti oleh  karya-karya lain yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua.

Seluruh masyarakat diajak merayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa. 

Kapala Negara berkeyakinan kemajuan Papua akan berjalan cepat. 

"Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,"tutup mantan Wali Kota Solo ini. (rhm)


Bagikan Artikel

Rekomendasi