Jaga Kedaulatan Bangsa, Presiden Jokowi Sampaikan Penghargaan kepada TNI

Selasa, 05 Oktober 2021 : 14.36

Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan TNI atas menjaga utama kedaulatan bangsa../Dok.Biro Pers Setpres.

 Jakarta
- Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan kepada seluruh jajaran TNI  atas kerja kerasnya penjaga utama kedaulatan bangsa.

Disampaikan pada upacara peringatan ke-76 Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, (5 /10/2021).

Dengan Tema yang diangkat pada peringatan tahun ini adalah "Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang".

Kepala Negara atas nama rakyat, bangsa, dan negara, menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun ke-76 kepada TNI.

Presiden juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran dan kerja keras seluruh jajaran TNI.

"Rakyat, bangsa, dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan," ujar Presiden dilansir dari siaran pers.

Presiden juga menyempatkan menyapa perwakilan prajurit TNI yang mengikuti upacara melalui konferensi video dari berbagai wilayah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Para prajurit yang disapa Presiden pada kesempatan itu yakni:

Prajurit TNI yang sedang bertugas pada satuan tugas luar negeri (Yonmek UNIFIL) di Lebanon;Prajurit TNI yang sedang bertugas di pulau-pulau terluar/perbatasan Indonesia di Ndana Rote, Nusa Tenggara Timur;Prajurit TNI yang sedang bertugas di KRI Multatuli-561 di perairan Natuna Utara.

Prajurit TNI yang sedang bertugas pada satgas Pamtas RI-MLY Yonmek 643/WNS di Entikong, Kalimantan Barat; dan Prajurit TNI yang sedang bertugas di RS Lapangan Indrapura, Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga meng anugerahkan Tanda Kehormatan kepada tiga orang perwakilan penerima tanda kehormatan.

Surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait hal tersebut dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI M. Tonny Harjono, yaitu:Keppres Nomor 95/TK/TH 2021 tanggal 20 September 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Pak├ži Nararya kepada Kolonel Inf Anwar, Wadanpusdiklatpassus Kopassus.

Keppres Nomor 19/TK/TH 2021 tanggal 15 April 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya kepada Kapten Laut (T) Rohani Sapporo Noor, Wadanden 6 Satkopaska Koarmada I; danKeppres Nomor 15/TK/TH 2021 tanggal 26 Maret 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya kepada Serka Wawan Agus Setiawan, Ba Pamfik Satuan Pom Lanud Husein Sastranegara.(Miftach Alifi)

Bagikan Artikel

Rekomendasi