Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Kini Bergelar Kanjeng Pangeran

Senin, 20 September 2021 : 23.26

Sinuhun Pakubuwono XIII Hangabehi menyerahkan gelar Kanjeng Pangeran itu kepada Gibran Rakabuming Raka di Bangsal Parasdya Keraton kasunanan Surakarta Keraton Kasunanan/Dok. Skala.id.
Solo - Keraton kasunanan Surakarta menganugerahi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dengan gelar Kanjeng Pangeran (KP) sehingga kini namanya menjadi Kanjeng Pangeran (KP) Gibran Rakabuming Widuranagara.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu, menerima gelar bangsawan dari Keraton Kasunanan Surakarta, Senin (20/9/2021)

Sinuhun Pakubuwono XIII Hangabehi menyerahkan gelar Kanjeng Pangeran itu kepada Gibran Rakabuming Raka di Bangsal Parasdya Keraton kasunanan Surakarta Keraton Kasunanan.

Kini, Wali Kota Solo itu resmi memiliki gelar dan nama baru, Kanjeng Pangeran (KP) Gibran Rakabuming Widuranagara.

Usai menerima gelar bangsawan dari Keraton Kasunanan, Gibran mengatakan bila dirinya tidak menyangka akan menerima gelar bangsawan dari Keraton.

Karena tidak menyangka akan menerima gelar, Gibran pun mengaku salah menggunakan kostum.

"Tanyakan saja ke Gusti Dipo. Saya hanya menerima. Dan ini suatu kehormatan karena Ini tidak direncanakan. Lihat saja saya sampai salah kostum ini," papar Gibran dilansir dari Skala.id, jejaring Kabarnusa.com.

Gibran sangat berterima kasih pada Keraton atas pemberian gelar bangsawan.

Bahkan dalam pertemuan dengan Sinuhun, Raja Keraton Kasunanan itu memberikan beberapa petuah pada dirinya.

"Sinuhun memberi arahan kesana (penataan Keraton). Beliau berharap agar kawasan Keraton lebih tertata lagi," papar suami Selvi Ananda ini.

Dia menambahkan, memang ada rencana untuk melakukan revitalisasi kawasan Keraton. Nantinya kawasan Keraton akan lebih dipercantik agar bisa mengundang wisatawan untuk berkunjung.

Ditanya apakah wisata Keraton termasuk musium Keraton akan kembali dibuka, Gibran mengaku belum akan dibuka, meskipun status PPKM Level kota Solo sudah turun.

"Wisata Keraton dan musium belum akan dibuka. Ditunggu saja ya. Sudah ya, saya mau rapat penanganan Covid dulu," sergahnya. (rhm) ***


Bagikan Artikel

Rekomendasi