Perkuat Sinergi Kelembagaan Perwakilan Ombudsman Provinsi Jawa Tengah dan Kepolisian Daerah Jawa Tengah

Rabu, 29 September 2021 : 16.00

Anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng bersama Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Tengah melakukan rapat koordinasi kelembagaan di Mapolda Jawa Tengah/Bellinda/Agus. 
SemarangDalam rangka memperkuat sinergi kelembagaan Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng menuturkan untuk tidak segan-segan memberikan kritik dan saran kepada Ombudsman dalam rangka percepatan penyelesaian laporan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan pada saat rapat koordinasi kelembagaan di Mapolda Jawa Tengah pada Rabu, 29/9/2020. 

"Ombudsman RI senantiasa bekerja sesuai peraturan perundang-undangan terkait, untuk itu diharapkan agar pengaduan mengenai institusi Polri khususnya di wilayah hukum Polda Jawa Tengah mendapatkan respon/tanggapan yang cepat”, ujarnya.

"Ombudsman dalam fungsi pencegahan dapat bersinergi dalam rangka memitigasi laporan berulang agar dapat dilakukan kajian bersama dalam rangka pencegahan maladministrasi," terangnya.

Selanjutnya Robert Na Endi Jaweng mengapresiasi sinergi yang sudah berjalan antara Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah dengan Polda Jawa Tengah baik dalam percepatan penyelesaian laporan masyarakat maupun dalam rangka pencegahan maladministrasi.

Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Drs. Ahmad Luthfi, SH menampaikan bahwa Polri senantiasa menjalankan kinerja sesuai SOP yang akutabel, yang disiapkan pada tiap jenjang pemeriksaan. 

Namun, paradigma di masyarakat menginginkan pelayanan serba cepat, sehingga masyarakat harus terus diberi pemahaman mengenai proses, namun tampaknya tenaga kepolisian di lapangan belum mampu memahamkan masyarakat secara utuh. 

"Perlu pengawasan eksternal termasuk Ombudsman, selain pengawasan internal kami sehingga masyarakat juga teredukasi mengenai proses tindak lanjut”, ujarnya.

Robert Na Endi Jaweng menyampaikan pentingnya Standar Operasional Prosedur dalam setiap penanganan laporan itu menjadi tolak ukur kesesuaian pelayanan. 

Dalam waktu dekat ini Ombudsman akan menyampaikan hasil Kepatuhan Standar Pelayanan Publik institusi Polri. 

Harapannya nilai kepatuhan ini menjadi gamaran situasi penyelenggaraan pelayanan publik di institusi Polri, ujarnya.

Sekali lagi, Robert Na Endi Jaweng mengapresiasi atas kerja sama yang sudah terjalin selama ini.

"Semoga dengan sinergi kelembagaan ini, Jawa Tengah dapat keluar dari situasi pandemi," tutupnya. (Bellinda/Agus Nugroho.


Bagikan Artikel

Rekomendasi