Moeldoko Tegaskan Pentingnya Vokasi Digital Siapkan SDM Unggul

Rabu, 22 September 2021 : 11.51

 

Dr.Moeldoko menekankan pentingnya pendidikan vokasi digital menyiapkan era industri 4.0./Dok.KSP

Jakarta -  Kepala Staf Kepresidenan RI Dr. Moeldoko menyampaikan pentingnya pendidikan vokasi digital agar menjadikan SDM unggul.

Dalam Hal ini 20 Guru Kejuruan dari sejumlah SMK di pulau Jawa, mengikuti Pelatihan Instalasi Perangkat Wireless dan Microwave, di Huawei Asean Academy Indonesia.

Pelatihan hasil kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek dengan Huawei Indonesia ini. yang resmi dibuka  Selasa (21/9/2021).

"Training of Trainners ini tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara pemerintah melalui KSP dengan Huawei Indonesia, tentang pengembangan 100 ribu talenta digital, 2020 lalu," Kata Moeldoko dikutip dari keterangan pers.

Moeldoko menambahkan, pendidikan vokasi di bidang teknologi informasi sudah saatnya dikuatkan untuk menghadapi Era industri 4.0 dan bonus demografi 2030.

Internet of Thing (IoT), Big Data, atau Artificial Intelligence (AI), hal yang harus dikuasai para peserta didik SMK untuk memenuhi kebutuhan industri besar, menengah, maupun kecil. 

“Terjadi Skill-disruption, yakni banyak skill lama yang tidak relevan untuk kebutuhan industri yang perlu di update," Sambung Moeldoko.

Dia mengajak peserta untuk menyerap berbagai metode pengajaran yang disampaikan, agar nantinya bisa didistribusikan pada siswa.

Peserta agar menyerap berbagai metode pengajaran yang disampaikan, agar nantinya bisa didistribusikan pada siswa.

"Saya berharap melalui pelatihan ini anda semua bisa mendeliver substansinya pada siswa, sehingga mereka memiliki mindset dan soft skill yang bisa menjawab tantangan industri," pesannya.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga menyampaikan apresiasi pada peserta dan Huawei Indonesia, karena sudah ikut mewujudkan SDM unggul.

"100 ribu talenta digital ini menjadi embrio untuk mencapai SDM Unggul, sesuai dengan arahan bapak Presiden. Saya bangga dan Terima kasih pada kalian semua dan Huawei Indonesia," ucapnya.(Miftach Alifi)

Bagikan Artikel

Rekomendasi