Minim Rambu Lalu Lintas, Masyarakat Diminta Waspadai Jalan Raya II Ujungrusi Tegal

Senin, 20 September 2021 : 20.49

Suasana jalan Raya II Ujungrusi, Adiwerna, Kabupaten Tega /Dok.Adi W
Tegal-  Minimnya rambu-rambu lalu lintas di seputar Jalan Raya II Ujungrusi, Adiwerna, Kabupaten Tegal cukup membahayakan pengguna jalan karenanya masyarakat diminta berhati-hati saat melewati jalanan tersebut.

Sebagai salah satu sarana publik, jalan memang butuh perhatian serius. Apalagi jalan raya yang padat arus lalu lintas, seperti halnya di Jalan Raya II Ujungrusi, Adiwerna, Kabupaten Tegal Jawa Tengah.

Jalan alternatif penghubung Kabupaten Tegal dan Kota Tegal ini setiap hari padat dilewati berbagai kendaraan. Masyarakat yang melakukan aktivitas pun banyak menggunakan jalan ini, mulai dari aktifitas perkantoran, sekolah, dagang hingga aktifitas lainnya. 

Masalah yang kerap terjadi di ruas jalan tersebut adalah banyaknya kecelakaan yang timbul akibat minimnya rambu-rambu pengatur jalan ditambah kurang sadarnya masyarakat pengguna jalan. 

Ketua Paguyuban Rest Area II Ujungrusi, Amirudin, menyatakan, dirinya pernah mengajukan pemasangan traffic light tepatnya di pertigaan SMK Negeri 2 Adiwerna (SMIK Tegal). 

"Dulu saya pernah mengajukan pemasangan traffic light ke Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut," ujarnya, Senin (20/9/2021)

Ditambahkan, di sekitar jalan tersebut banyak bangunan sekolah dan pedagang yang tiap hari beraktifitas, sehingga kepadatan arus lalu lintas terjadi terutama di pagi hari, siang dan sore.

"Minimnya rambu-rambu memang sangat membahayakan pengguna jalan, para pengendara juga seolah menganggap disini jalur cepat, sehingga sering terjadi kecelakaan, pokoknya ngeri," terang Amir.

Di tempat  sama, Anto, salah satu pedagang disekitar lokasi pertigaan, mengakui kalau ditempat itu sering terjadi kecelakaan karena pengguna jalan juga banyak yang ngebut. 

"Sering sekali di sini terjadi kecelakaan, seringnya anak sekolah yang jadi korban, kadang juga pedagang yang pulang dari pasar, maupun masyarakat lainnya," ungkapnya.

Sebagai informasi, jalur pertigaan SMIK di Jalan Raya II Ujungrusi, Adiwerna, Kabupaten Tegal merupakan jalur strategis yang menghubungkan ke beberapa fasilitas umum. (Ade W)

Bagikan Artikel

Rekomendasi