Grup Astra Bali Fokus Vaksinasi hingga Pembagian 500 Paket Sembako Nasional

Kamis, 02 September 2021 : 12.36
Grup Astra Bali membagikan 500 Paket Sembako Nasional/Dok. Kabarnusa

Denpasar -  Grup Astra Bali memfokuskan upaya mendukung program vaksinasi pemerintah serta membantu meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19 dengan membagikan 500 paket sembako nasional.

Bertempat di Gudang Astra Motor Bali Jalan Cokroaminoto Denpasar, digelar vaksinasi gotong royong diikuti keluarga besar Grup Astra Bali serta pembagian sembako kepada warga sekitar, Rabu (2/9/2021).

Ketua Korwil Grup Astra Bali IB Astra Surya Putra (IBHE) para karyawan di Astra Group sangat antusias menantikan vaksinasi. 

"Ada 15 anak perusahaan ASTRA ikut serta vaksin gotong royong," tuturnya.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada kendala dalam proses vaksinasi gotong royong. 

Namun diakuinya, proses vaksinasi ini cukup panjang perjalannya, ditambah lagi besarnya permintaan dari berbagai perusahaan yang mendaftarkan karyawan-karyawannya. 

Meski begitu, pihaknya bersyukur bisa ikut serta dalam fase pertama vaksinasi gotong royong.

Lanjut IBHE, dari 1600 karyawan sudah mengikuti vaksin mandiri di perusahaan. Lebih kurang 200 orang mengkuti vaksin gotong royong. 

Sebenarnya pihak Astra Group sudah mendaftarkan seluruh karyawan dan keluarga inti sejak awal bulan Februari lalu pada fase pertama pendaftaran.  

Dia melanjutkan, sesuai arahan dari Kadin, Bio Farma dan Kimia Farma, fase pertama vaksinasi gotong royong ini lebih ditujukan untuk perusahaan kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur  terutama grup-grup industri dan Manufaktur. 

"Bali dianggap pemerintahan sangat proaktif dalam pengadaan sentra vaksin mandiri," sambungnya.

Tentunya, Astra sangat menantikan fase vaksinasi selanjutnya. Lantaran antusias karyawan Astra Group sangat tinggi terhadap vaksin Gotong royong.

Keluarga besar Grup Astra Bali antusias mengikuti vaksinasi gotong royong/Dok. Kabarnusa
Pada bagian lain Wakil Korwil Grup Astra Bali Suprayogi menyatakan, kegiatan ini memfokuskan pembagian sembako dalam bentuk CSR dan kedua melakukan vaksinasi pada hari yang sama.

"Tujuannya, Astra ingin berbagi dan membantu pemerintah, terutama di era pandemi," tuturnya didampingi perwakilan Grup Astra Bali, Alexandra Dewi dan PIC Corporate Communication Astra Motor Bali.

Karena Astra tersebar di seluruh Indonesia dan Grup Astra Bali fokus kegiatannya di Bali dengan mengusung Semangat Saling Bantu sebagaimana tagfline yang  digaungkan Astra. 

Dengan demikian, semangat saling membantu antara Astra dengan lingkungan sekitar.

Pada bagian lain, Suprayogi menyampaikan, besarnya jumlah bantuan itu tergantung postingan semua warga Indonesia ke sosial media dengan tagline #SemangatSalingBantu. 

"Itulah yang menjadi dasar total sumbangam yang diberikan, makanya kita ingin berkontribusi ke warga-warga yang lain," sambungnya.

Suprayogi menambahkan, sumbangan yang diberikan Astra ke seluruh Indonesia totalnya mencapai Rp30 Miliar.

Salah satunnya di Bali, nantinya akan diberikan ke warga lingkungan sekitar perusahaan Grup Astra yang memiliki 15 line bisnis seperti otomotif, finance hinga Astragraphia Bali.

Ada sekitar 53 Cabang Grup Astra yang tersebar di seluruh Pulau Bali. Semua bantuan itu akan diberikan kepada Cabang yang nantinya akan didistribusikan bersama aparat lingkungan masing-masing.

Tentunya masing-masing cabang, yang mengetahui warga mana yang terdapat pandemi Covd-19 sehingga diharapkan bantuan bisa tepat sasaran dan membantu pemerintah dalam penyebaran virus corona atau Covid-19.

Adapun paket bantuan Paket Sembako Nasional Nurani Astra Berbagi untuk Negeri #SemangatSalingBantu berisi Beras 10 kg, Minyak 2 liter, Susu, Gula, Biscuit Roma, Indomie dan vitamin.

Hingga saat ini, 1.600 orang atau 90 persen dari keluarga besar Grup Astra Bali sudah menjalani vaksinasi tahap satu dan dua.

Adanya bantuan Grup Astra Bali mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Sosial Provinsi yang hadir diwaikili Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial dan Kelembagaan Sosial Dinas Sosial Provinsi Bali Sriyono.

"Kami berterima kasih sekali membantu masyarakat terdampak Covid-19, karena terus terang saja masyarakat di Bali sangat terdampak sekali, anggaran pemerintah juga terbatas," ungkapnya.

Pihaknya mengharapkan tidak hanya dari Astra saja mungkin dari perusahaan lain seperti BUMN dalam rangka membantu pemerintah dalam rangka menangani masyarakat terdampak Covid-19. (rhm)


Bagikan Artikel

Rekomendasi