Go Paperless Permudah Pengajuan Surat Provinsi Bali

Jumat, 10 September 2021 : 18.37

Digitalisasi persuratan dan arsip merupakan salah satu upaya mengurangi penggunaan kertas secara massif. ./Dok.Humas Provinsi Bali
Denpasar- Go paperless bertujuan proses pengajuan surat maupun permohonan yang terkait dengan Pemerintah Provinsi Bali melalui email.

Digitalisasi persuratan dan arsip merupakan salah satu upaya mengurangi penggunaan kertas secara massif.

Karena dengan menggunakan aplikasi maka budaya mencetak dokumen surat dan mengarsipkan surat berupa kertas akan berkurang.

Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali sebagai salah satu perangkat daerah Pemerintah Provinsi Bali bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Provinsi Bali mengembangkan digitalisasi persuratan dan arsip secara terintegrasi.

Hal ini sudah sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

Mengamanatkan pengembangan e-government sebagai upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien.

Melalui pengembangan e-government dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.

Kepala Biro Umum dan Protokol I Wayan Budiasa menyampaikan, teknologi informasi yang disiapkan berupa aplikasi e-office yang pada pengembangan lanjutannya berbasis pada mobile.

Menurutnya, aplikasi ini memudahkan proses pengelolaan surat menyurat dan pembuatan, pendistribusian dan pencarian.

“Masyarakat akan terlayani secara paripurna atas proses pengajuan surat maupun permohonan yang terkait dengan Pemerintah Provinsi Bali melalui email,” ujarnya dikutip kabarnusa.com dari siaran pers Jum’at (10/9/2021).

Ia menambahkan, surat-surat masuk ke Pemerintah Provinsi Bali akan diproses melalui sistem aplikasi e-office.

Meningkatnya kualitas layanan membuat tingkat kepuasan atas pelayanan persuratan dan arsip pada Biro Umum dan Protokol menjadi meningkat.(Miftach Alifi)

Bagikan Artikel

Rekomendasi