Angka Covid-19 Terkendali, BI Optimis Percepat Perbaikan Perekonomian Bali

Minggu, 26 September 2021 : 18.54

Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), dalam penanggulangan Covid-19 di Banjar Dakdakan Desa Peguyangan Denpasar Utara, Minggu (26/9/2021)/Dok. Kabarnusa
Denpasar - Terkendalinya angka Covid-19 diyakini akan semakin mempercepat perbaikan perekonomian di Bali. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho menyampaikan itu saat penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), dalam penanggulangan Covid-19 di Banjar Dakdakan Desa Peguyangan Denpasar Utara, Minggu (26/9/2021).

Dijelaskan Trisno, salah satu program penanganan bencana yang sejalan dengan upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia adalah penyaluran paket sembako kepada masyarakat yang terdampak covid-19.

Pandemi covid-19 yang telah melanda bangsa ini selama hampir dua tahun mengakibatkan terjadinya kesulitan pemenuhan kebutuhan dasar, terutama pangan, bagi masyarakat ekonomi ke bawah.

Turut hadir anggota komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya dan Lurah Peguyangan, A.A. Gede Agung Dharma Putra.

Trisno mengungkapkan, sebagai wujud nyata kontribusi Bank Indonesia kepada negeri, Bank Indonesia telah melaksanakan Program Sosial Bank Indonesia yang bertajuk Dedikasi untuk Negeri melalui tiga program.

Tiga program itu yakni Peningkatan Ketahanan Ekonomi (PKE) dan UMKM, SDM Unggul, dan Kepedulian Sosial.

Kesulitan yang dialami masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasar pangan berpotensi mengakibatkan lemahnya imunitas masyarakat, sehingga upaya pencegahan covid-19 tidak dapat dilakukan secara optimal.

Dalam kerangka itulah dan menyikapi  fenomena tersebut, melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), BI berupaya berperan aktif dalam penanggulangan pandemi covid-19. 

Kali ini, dilakukan penyerahan 2.500 paket sembako penanggulangan covid-19. Bantuan ini nantinya akan disalurkan kepada warga yang terdampak covid-19 secara bertahap.

Selain di Kota Denpasar, ribuan paket sembako itu, akan disebarkan ke masyarakat lainnya di Kabupaten Badung, Tabanan dan Karangasem

Pihaknya bebekerja sama dengan Desa Peguyangan melalui Agung Rai menyalurkan 20.000 paket sembako ke seluruh wilayah di Provinsi Bali selama 2021.

Selain itu, memberikan bantuan berupa 500 tabung oksigen beserta isi dan mesin generator oksigen ke rumah sakit rujukan covid-19 di seluruh wilayah Bali untuk mempercepat penanganan pasien covid-19 di Bali.

"Kami berharap bantuan ini bermanfaat bagi seluruh warga yang terdampak covid-19," harapnya. 

Pihaknya mengajak semua bersama-sama bersinergi dan bahu membahu menghadapi covid-19. Jika angka covid-19 terkendali akan semakin mempercepat perbaikan perekonomian di Bali. 

Dalam kesempatan sama anggota DPR RI Rai Wirajaya mengingatkan masyarakat jangan sampai lengah, harus tetap menjaga protokol kesehatan,

"Dengan pelonggaran PPKM dan dibukanya pintu kedatangan internasional di bandara memberikan kesempatan pariwisata untuk bergerak," tuturnya.

Rai Wirajaya juga mengingatkan, jangan sampai masyarakat euforia terhadap melandainya kasus Covid-19. Sebab, jangan sampai terjadis seperti di negara lain ada yang lengah kemudian kasus Covid-19 merangkak naik lagi padahal negara tersebut telah memproduksi vaksin. (rhm)



Bagikan Artikel

Rekomendasi