Aksi Kemanusiaan, Pakis Bali Ingatkan Setetes Darah Berharga bagi Sesama

Senin, 13 September 2021 : 18.53

Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin memberikan sumbangsih di bidang kesehatan, sebagaimana diketahui, di tengah situasi pandemi, banyak orang yang membutuhkan sumbangan darah dan kesulitan memperolehnya./Dok.Humas PAKIS.

Denpasar - Pasikian Paiketan Krama Istri Desa Adat (PAKIS) menggelar aksi kemanusiaan dengan mengadakan donor darah merupakan setetes darah yang disumbangkan akan sangat dirasakan oleh mereka yang membutuhkan.  

PAKIS Bali TIA. Kusuma Wardhani yang meninjau langsung pelaksanaan donor darah menyampaikan bahwa kegiatan kemanusiaan ini dilaksanakan dalam rangka mensyukuri momentum satu tahun keberadaan PAKIS Bali,  Pasikian Yowana dan Pasikian Pecalang Bali.  

Melalui kegiatan ini,  pihaknya ingin memberikan sumbangsih di bidang kesehatan, sebagaimana diketahui, di tengah situasi pandemi, banyak orang yang membutuhkan sumbangan darah dan kesulitan memperolehnya. 

Sementara itu,  Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat (PMA) Provinsi Bali I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Seputra menyampaikan, kegiatan yang digagas PAKIS Bali bekerja sama dengan Pasikian Pecalang dan Yowana Bali ini patut diapresiasi.

Ia berharap, ke depannya kegiatan semacam ini bisa kembali dilaksanakan oleh PAKIS Bali dan organisasi kemasyarakatan lainnya untuk membantu pemerintah dalam program peningkatan derajat kesehatan.  

Pada kesempatan itu,  Kadis PMA juga menyinggung situasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih dihadapi masyarakat dunia, tak terkecuali Daerah Bali.   

Kendati perkembangan Covid-19 sejauh ini telah menunjukkan tanda-tanda melandai, ia tetap mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.  

Pada bagian lain,  Ketua PDDI Bali Ketut Pringgantara menyampaikan terima kasih atas teladan yang ditunjukkan PAKIS Bali.  

Kata dia, kegiatan ini sangat membantu PMI dan PDDI Bali dalam mengumpulkan stok darah yang agak terkendala di tengah situasi pandemi.

"Kebutuhan darah meningkat, idealnya kami harus mengumpulkan 160 kantong setiap hari. Tapi di sisi lain, banyak yang takut mengunjungi fasilitas kesehatan sehingga kegiatan donor menjadi terkendala, "ucapnya yang dikutip Kabarnusa.com dari siaran pers..

Oleh sebab itu, kegiatan donor darah yang difasilitasi organisasi atau lembaga kemasyarakatan seperti PAKIS sangat dirasakan manfaatnya. 

Pada kesempatan itu, ia mengetuk rasa kepedulian masyarakat untuk menyumbangkan setetes darah yang tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang tengah berjuang untuk sembuh dari sakit. 

Sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih, PMI dan PDDI Bali menyerahkan piagam penghargaan untuk PAKIS,  Pasikian Yowana dan Pecalang Bali.(Miftach Alifi)

Bagikan Artikel

Rekomendasi