XL Axiata Siapkan Jaringan Fiber Optik dan Solusi Bisnis di Karawang

Kamis, 05 Agustus 2021 : 15.30

Direktur Utama Suryacipta Swadaya, Johannes Suriadjaja bersama Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini melakukan penandatanganan kerja sama secara daring di Jakarta, Kamis (5/8)/Dok. XL Axiata.
Jakarta - Menggandeng PT Suryacipta Swadaya, PT Xl Axuara menyediakan jaringan fiber optik di Kawasan Industri Suryacipta Swadaya, Karawang, Jawa Barat.

Selain itu, menyediakan berbagai layanan solusi bisnis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan ratusan tenant yang beroperasi di kawasan industri yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat tersebut.

Penandatanganan kerja sama dilakukan kedua pihak secara daring antara Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dan Direktur Utama PT Suryacipta Swadaya, Johannes Suriadjaja, Kamis (5/8/2021).

“Kerjasama dengan PT Suryacipta Swadaya ini sangat strategis dan akan memberikan manfaat bisnis bagi kedua pihak, termasuk bagi para tenant yang sekaligus pelanggan korporasi kami," tutur Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini.

Dijelaskan, solusi bisnis berbasis teknologi digital sudah menjadi tuntutan di semua bidang industri, sehingga ketersediaan infrastruktur berupa fiber optik juga menjadi keharusan bagi setiap kawasan industri, apalagi Suryacipta Swadaya bertekad menjadi kawasan industri berkelas dunia.”

Dian Siswarini menambahkan, melalui kerja sama ini, XL Business Solutions juga akan menyediakan solusi bisnis yang meliputi kolaborasi data center, layanan fixed connectivity (leased line, internet service, VOIP), layanan mobile connectivity (postpaid, mobile roadad, device bundling), dan layanan ICT (managed service) yang bisa ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pihaknya berharap kerjasama ini bisa mendukung upaya perluasan jaringan fiber optik untuk memperkuat eksistensi bisnis data center.

Direktur Utama Suryacipta Swadaya, Johannes Suriadjaja dalam sambutannya mengatakan,kerja sama ini merupakan bentuk keseriusan pihaknya dalam mewujudkan industry 4.0 dengan menyediakan sarana digital yang mumpuni berbasis Internet of Things (IoT).

"Melihat investasi dan bisnis di bidang IT yang semakin berkembang membuat kami kian bersemangat untuk merealisasikan mimpi Suryacipta City of Industry menjadi home base bagi industri IT dan data centre, sejalan dengan pengembangan digital park di fase 3 kami,” sambungnya.

Johannes menambahkan, tahun 2021 adalah juga merupakan tahun yang penting dimana Surya Internusa Group merayakan ulang tahun yang ke-50.

Terlepas dari situasi yang menantang saat ini, Suryacipta yang merupakan bagian dari grup, turut merayakan pencapaian bersejarah ini dengan melakukan pengembangan berkelanjutan dalam memberikan layanan dan fasilitas terbaik untuk para investor dan tenant.

XL Axiata akan membangun jaringan fiber optik yang akan melayani seluruh area kawasan industri Suryacipta seluas 1400Ha dengan kurang lebih 149 tenant/pabrik.

Di Kawasan tersebut saat ini terdapat berbagai perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi, retail dan FMCG, farmasi, obat-obatan, otomotif, makanan dan minuman, serta IT, dan data center. Secara umum, sebagian besar kategori calon pelanggan pada wilayah tersebut adalah tenant korporasi besar lintas negara.

Jika jaringan fiber optik XL Axiata telah terbangun, maka tenant akan memiliki pilihan berkualitas untuk menggunakan jaringan milik XL Axiata baik sebagai link utama maupun pengganti.

Secara khusus, beberapa perusahaan hyperscalers dari luar negeri yang akan beroperasi di Indonesia memilih kawasan Suryacipta. Bagi sektor industri IT, termasuk penyedia data center, kondisi jaringan fiber optik yang mumpuni adalah salah satu elemen penting yang menjamin kelangsungan bisnisnya.

Keunggulan fiber optik yang ditawarkan oleh XL Business Solutions adalah rute jaringan yang terproteksi. Apabila salah satu lini mengalami gangguan, maka akan ditopang oleh lini lainnya.

Kecepatan jaringan fiber optik XL Axiata pun sangat cepat, yaitu sekitar 5 micro-second per kilometer, sehingga ini akan menjamin kenyamanan kebutuhan pelanggan korporasi dan akan membantu pelanggan mengadopsi teknologi untuk menyokong digitalisasi dengan cepat dan mudah.

Chief Enterprise & SME Officer  XL Axiata, Feby Sallyanto menyebut bahwa kolaborasi industri multisektoral adalah kunci yang menentukan keberhasilan revolusi industri 4.0 dan pemulihan ekonomi nasional 2021.

Basis pengetahuan dan sumber daya seluruh pihak yang terlibat dalam ruang lingkupnya akan menghasilkan nilai tambah bukan hanya pada lintas industri, namun juga di tingkat lokal, regional, nasional, dan global.

"Integrasi pemanfaatan jaringan konektivitas yang prima, pengelolaan kawasan perdagangan yang unggul, dan teknologi terapan yang relevan akan membuka babak baru dalam penguatan ekosistem digital di Indonesia," ungkap Feby.

Seiring dengan pembangun jaringan fiber optik yang terus dilakukan XL Axiata, XL Business Solutions juga terus mengembangkan layanan bisnis enterprise lewat solusi-solusi dan inovasi terbaru guna memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan korporasi.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari  65 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi