Terlena Pariwisata, Bupati Suwirta Akui Budidaya Rumput Laut Sempat Ditinggalkan Petani

Jumat, 13 Agustus 2021 : 09.28

Bupati Suwirta menyerakan bantuan sarana prasana budidaya rumput laut di Balai Desa Sujana, Kecamatan Nusa Penida/Dok. Humas Pemkab Klungkung

Semarapura -  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengakui kalau budidaya rumput laut sempat ditinggalkan oleh para petani karena terlena dengan industri pariwisata.

Suwirta menyampaikan itu saat mendampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Bali, I Made Sudarsana menyerahkan bantuan sarana prasana budidaya rumput laut di Balai Desa Sujana, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (12/8/2021). 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Bali, I Made Sudarsana mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pengembangan rumput laut sebagai komoditas andalan dalam memperkuat struktur ekonomi Kabupaten Klungkung , khususnya Nusa Penida. 

Para penerima berjumlah 5 Kelompok Pembudidaya Rumput Laut diantaranya ; Kelompok Segara Raksa asal Desa Lembongan, Kelompok Wah Gara, Kelompok Manik Segara, Kelompok Mertha Segara I dan Kelompok Mertha Segara II asal Desa Sujana. Bantuan yang diberikan berupa Bibit rumput Laut, jaring, keranjang, tali dan Patok kayu. 

Ini merupakan wujud komitmen Pemprov dan Pemkab dalam menggairahkan budidaya rumput laut. Karena dimasa pandemi ini rumput laut menjadi tumpuan hidup ditengah lesunya pariwisata. 

"Semoga apa yang diterima ini bisa meningkatkan produksi rumput laut." ujar Sudarsana. 

Pihaknya mengakui kalau budidaya rumput laut sempat ditinggalkan oleh para petani karena terlena dengan industri pariwisata. 

Dari Pandemi covid-19 ini, pihaknya mengajak semua pihak untuk mengambil hikmah bahwa sehebat apapun pariwisata itu, jika tuhan memberi cobaan seperti pandemi ini, maka siapapun tidak akan bisa berbuat banyak. 

Lebih lanjut Suwirta mengatakan, untuk menjaga harga pasar rumput laut, pihaknya akan mendorong koperasi ikut mengambil peran.

Semua petani harus kompak menjaga harga pasaran rumput laut dan kita juga akan libatkan koperasi dalam menjaga harga pasar. 

"Menghadapi pandemi ini mari kita ingatkan diri masing masing untuk mengambil pelajaran dari Pandemi ini, silahkan manfaatkan bantuan ini dengan baik." ujar Suwirta. (nik)


Bagikan Artikel

Rekomendasi