Semarak Hari Pramuka, Kwarcab Badung Juarai Lomba BSC Tahun 2021

Minggu, 15 Agustus 2021 : 10.22
Selain Upacara, penyerahan hadiah, di hari Paramuka ini, Kwarda Bali juga tidak lupa untuk berbagi dengan membagikan 400 lebih nasi bungkus kepada masyarakat/Dok. Humas Pemprov Bali

Denpasar - Lomba  Bali Scout Creativity (BSC) ke-2 tahun 2021 memperebutkan Piala Bergilir Ketua Kwarda Bali berhasil digenggam Kwarcab Badung.

Ketua Kwarda Bali, I Made Rentin hadir saat penyerahan hadiah para juara Lomba Bali Scout Creativity (BSC) ke-2 tahun 2021 di Gedung Kwarda Bali, Denpasar tepat di Hari Pramuka yang ke-60, Sabtu  (14/8/2021).

Pelaksanaan  lomba BSC, hampir sebulan mulai 15 Juli 2021 sudah berjalan lancar yang mengasilkan berbagai prestasi dari para anggota pramuka dari seluruh Bali dan berbagai kategori.  

Rentin yang juga Kepala BPBD Provinsi Bali sekaligus Sekretaris Satgas Covid-19 menjelaskan, tujuan BSC ini adalah sebagai stimulan dan memotivasi anggota pramuka  untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas di tengah pandemi covid-19 dan dalam rangka menyongsong kenormalan baru.  

Pihaknya mengapresiasi serangkaian Hari Pramuka tahun ini berjalan sangat lancar di luar ekspektasintya.

Ketua Panitia Lomba BSC tahun 2021 yang juga sekretaris Komisi Bina Muda, Made Agung Ari Yasa, lomba kali ini dibedakan untuk masing-masing golongan. Pramuka. 

Golongan siaga berlaga dalam lomba mendongeng dalam Bahasa Bali (Mesatwa) yang tahun ini diikuti oleh 8 peserta putra dan 8 peserta putrid dari 8 kwarcab se-Bali. 

Pramuka penggalang di SMP/MT mengikuti lomba Video Inovasi Permainan Regu, untuk tahun ini diikuti oleh 8 tim putra dan 8 tim putrid dari 8 kwarcab. 

Sedangkan Pramuka golongan penegak/pandega mengikuti lomba Film Pendek Edukasi Pariwisata Budaya yang diikuti oleh 7 putra dan 7 putri dari 7 kwarcab. 

Untuk Pramuka berkebutuhan khusus mengikuti lomba pantomim perjuangan, untuk tahun ini hanya diikuti oleh 3 regu, khusus bagi kategori tunarungu, sedangkan tunanetra, tunagrahita, tunadaksa dan autis mengikuti lomba baca puisi perjuangan, diikuti oleh 7 putra dan 7 putri dari 7 kwarcab. 

Khusus untuk Pembina pramuka mengikuti lomba Best Practice yang tahun ini diikuti oleh 18 peserta dari 6 kwarcab.

Agung Ari menambahkan, lomba  BSC  ini memperebutkan Piala Bergilir Ketua Kwarda Bali dan untuk tahun ini Piala bergilir jatuh ke Kwarcab Badung. 

"Dari segi pelaksanaan, tidak ada hambatan berarti yang ditemui dalam pelaksanaan BSC kali ini, hanya penyelarasan sistem kombinasi  daring dan luring saat penjurian," katanya.

Para peserta juga sudah memiliki gambaran pelaksanaan lomba, bercermin dari tahun lalu. 

Hanya saja, yang disesalkan ada beberapa  Kwarcab yang belum optimal dalam keikutsertaan. 

"Mudah-mudahan tahun depan akan terlaksana dengan lebih baik," pungkasnya.

Selain Upacara, penyerahan hadiah, di hari Paramuka ini, Kwarda Bali juga tidak lupa untuk berbagi dengan membagikan 400 lebih nasi bungkus kepada masyarakat Denpasar, yang dilaksanakan di depan kantor Kwarda Bali, Renon Denpasar. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi