Sekda Tabanan Gede Susila Paparkan Perkembangan Penanganan Pandemi Covid-19

Rabu, 25 Agustus 2021 : 16.00

Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19 di Tabanan secara virtual/Dok. Humas Pemkab Tabanan.
Tabanan- Bupati Tabanan yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Tabanan I Gede Susila menjelaskan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19.

Pada masa pemberlakuan PPKM, Bupati Tabanan diwakili oleh Sekda Tabanan didampingi Dandim 1619/Tabanan dan OPD terkait, menjelaskan perkembangan kasus Covid-19 dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19 Kabupaten yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting, Rabu, (25/8/2021).

Rakor turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Tabanan, Camat, Perbekel dan Bendesa Adat se-Kabupaten Tabanan melalui zoom meeting.

Sekda Gede Susila, menjelaskan situasi perkembangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Tabanan sesuai dengan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan sampai tanggal 24 Agustus 2021, yakni total kasus positif di Tabanan sebanyak 10.401 orang, total kasus sembuh 8.548 orang atau (85,08 %).

"Total kasus kematian 460 orang (4,42%) dan kasus aktif saat ini sebanyak 1.092 orang (10,50 %) dengan positive rate 42,22 persen," ungkapnya.

Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tabanan, yakni vaksin tahap I telah mencapai 104,88 persen dari target, vaksin II : 45,24 persen, vaksin III : 60,83 persen.

Sementara untuk penanganan 3T (Testing, Tracing, Treatment) dalam 7 hari terakhir tanggal 18-24 Agustus 2021, yakni tracing mencapai 1.468 orang dengan rasio tracing (Rasio : 2) dan testing dengan positive rate 414/1.341 atau 34 %. Sedangkan treatment yang ditunjukan oleh keterisian tempat tidur Rumah Sakit sudah dibawah 80  persen.

Adapan perkembangan kasus mingguan di Kabupaten Tabanan terbilang mengalami penurunan dari minggu sebelumnya, sedangkan jumlah kematian mengalami peningkatan.

Tetap diperlukan peningkatan upaya menjalankan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan bersih dan menjaga jarak), 3T (Testing, Tracing dan Treatment) dan percepatan vaksin dosis II. Diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat terutama di Kabupaten Tabanan secepatnya mendapatkaan vaksin dosis II.

Untuk itu Sekda Tabanan, juga tiada henti-hentinya menghimbau dan meminta dengan hormat kepada Camat, Perbekel dan Bendesa Adat se-Kabupaten Tabanan agar selalu menghimbau seluruh elemen masyarakat Tabanan agar tetap taat menerapkan protokol kesehatan minimal 3 M, karena hal tersebut merupakan langkah awal pencegahan penyebaran Covid-19 terlebih dengan keberadaan varian baru saat ini, yakni varian Delta.

“Jangan pernah kendor, terus taat terapkan 3M dalam segala aktivitas demi keselamatan diri sendiri, keluarga, bahkan orang lain disekitar kita,” pintanya.

Dalam hal menanggulangi pandemi Covid-19 ini, khususnya di Kabupaten Tabanan, diperlukan kerjasama yang baik dari seluruh jajaran Pemkab bersama Forkopimda dan jajaran terkait, terutama para Camat, Perbekel dan Bendesa Adat se-Kabupaten Tabanan agar tidak pernah lelah memberikan himbauan dan melakukan pemantauan di masyarakat demi untuk melindungi seluruh elemen masyarakat dari jangkauan pandemi global. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi