Satgas Ingatkan Pentingnya Posko PPKM dalam Pengendalian Covid-19 di Desa

Senin, 09 Agustus 2021 : 07.06
Ganip menyerahkan bantuan kepada Posko PPKM Mega Legenda yang berada di RT07/RW05 di Kelurahan Baloi Permai/Dok. BNPB.

Batam-  Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan pentingnya keberadaan Posko PPKM dalam upaya pengendalian Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan.

Untuk itu, dia  mengingatkan warga untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan (prokes). 

Ganip menyatakan itu saat meninjau Posko PPKM Mega Legenda berada di Kelurahan Baloi Permai, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Sabtu (7/8/2021).

Pihaknya meminta semua pihak patuh dan disiplin menerapkan prokes. Langkah aktif masyarakat Batam dalam menjalankan prokes diharapkan dapat mengendalikan dan mengakhiri penyebaran Covid-19 di wilayahnya. 

Penyebaran Covid-19 patut diwaspadai oleh masyarakat karena sudah adanya penyebaran varian virus baru yang masuk ke wilayah Indonesia. 

“Kita jangan sampai lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan, seperti disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” tambah Ganip di Posko PPKM Mega Legenda RT07/RW05, Kelurahan Baloi Permai

Ia mengingatkan kembali peran Posko PPKM dalam pengendalian Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan. 

Posko memiliki fungsi 4P, yaitu fungsi pencegahan, penanganan, pendukung dan pembinaan.

Pada kesempatan yang sama, Ganip menyerahkan bantuan kepada Posko PPKM Mega Legenda yang berada di RT07/RW05 di Kelurahan Baloi Permai. Bantuan selanjutnya didistribusikan kepada warga setempat, khususnya kelompok rentan. 

Bantuan BNPB berupa paket individu sebanyak 4 paket, sabun batang 288 boks dan masker medis 4.000 buah. 

Ganip beserta jajarannya melanjutkan perjalanan menuju Pekanbaru, Provinsi Riau, untuk melihat beberapa fasilitas Kesehatan serta kegiatan Posko PPKM secara dekat dan melakukan rapat koordinasi penanganan Covid-19 di wilayah Pekanbaru. 

Data Covid-19 Pemerintah Kota Batam pada 6 Agustus 2021 menyebutkan total akumulasi kasus konfirmasi positif berjumlah 24.233, kasus sembuh 21.481 dan meninggal 659. Sementara ini, sebanyak 2.093 warga masih berada dalam perawatan medis. 

Sedangkan kasus konfirmasi positif di Provinsi Kepulauan Riau, total akumulasi konfirmasi positif sebanyak 47.587 kasus, mengalami kenaikan 512 kasus pada Jumat lalu (6/8). (rhm)


Bagikan Artikel

Rekomendasi