Salah Rute, Dua Pendaki Masuk Kawah Gunung Batur

Minggu, 01 Agustus 2021 : 00.00
Satu personil dengan bantuan peralatan mounteneering satu orang rescuer diturunkan dan selanjutnya melaksanakan penarikan satu persatu korban/Dok. Basarnas Bali.

Bangli - Diduga salah memilih jalur dua pendaki pendaki tersesat hingga masuk di dekat kawah Gunung Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Sabtu (31/7/2021).

Keduanya, melakukan pendakian pada malam hari, karena kondisi gelap dan jalan tak terlihat jelas, mereka baru sadar berada di jalur kawah. Kedua korban memutuskan berlindung di bebatuan hingga menunggu bantuan datang.

Kantor pencarian dan pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) bergerak ke lokasi usai menerima laporan kejadian tersebut sekitar pukul 07.50 Wita. Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada menuturkan, saat laporan awal ini belum menyebutkan identitas korban.

Baca Juga: Kampanyekan #GerakanSejutaVitamin, Pyridam Farma Bagikan Vitamin Gratis untuk Masyarakat

Dari perkiraan penelusuruan, posisi target berada di koordinat 8°14'12.71"S - 115°22'38.50"T. Sebanyak dua tim ditejunkan melakukan evakuasi dari Pos SAR Karangasem dan Kantor Basarnas Bali di Jimbaran.

"Kami kerahkan 14 personel bergabung dengan unsur SAR lainnya, dengan membawa peralatan mounteneering," ungkapnya. Disebutkan, jarak pandang cukup baik, berkisar 2,3 - 3,1 KM dan kondisi cuaca hujan ringan.

Baca Juga: Jalankan PPKM Mikro Terbaik Provinsi, Gubernur Bali Raih Penghargaan Kapolri

Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan menuju lokasi, dengan jalan setapak dan sempit sehingga beresiko.

Satu personil dengan bantuan peralatan mounteneering satu orang rescuer diturunkan dan selanjutnya melaksanakan penarikan satu persatu korban. Korban atas nama Misel (27) lebih dahulu dievakuasi selamjutnya Made Yoga (29).

Pada pukul 12.32 Wita keduanya sudah berada di atas dalam keadaan selamat. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi