Petugas Kedepankan Pendekatan Humanis, Warga Positif Covid-19 Bersedia Isoter

Selasa, 24 Agustus 2021 : 00.00

Penjemputan anggota TNI, Polri terhadap pasien positif Covid-19 dilakukan setelah pendekatan kepada mereka tentang pentingnya melaksanakan isoter untuk mencegah penyebaran virus corona/Dok. Kodim 1623/Karangasem

Amlapura - Dengan menggunakan pendekatan humanis menyentuh kesadaran yang dilakukan petugas akhirnya warga yang menjalani isolasi mandiri di Kabupaten Karangasem Bali bersedia untuk melaksanakan isolasi terpusat atau isoter.

Danramil 08/Kubu Kapten Inf I Ketut Sukrada bersama Babinsa dan Babhinkamtibmas langsung menjemput warga positif  terpapar Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri atau oman , menuju  ke lokasi Isoter pada Senin 23 Agustus 2021.

Penjemputan anggota TNI, Polri terhadap pasien positif Covid-19 dilakukan setelah pendekatan kemanusiaan kepada mereka, tentang pentingnya melaksanakan isoter untuk mencegah penyebaran virus berbahaya tersebut.

Warga menjalani isoter akhirnya tergerak mengikuti isoter yang disiapkan pemerintah di Hotel Tropical Guest House, Dusun Tulamben Desa Tulamben Kecamatan Kubu.

Menggunakan mobil ambulans Puskesmas Perasi, pasien positif Covid-19 dijemput Danramil 08/Kubu Kapten Sukrada dan anggotanya dengan menggunakan alat pelindung diri atau APD lengkap.

Proses penjemputan dua orang pasien ke tempat isoter di Hotel Tropical Guest House,berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan.

Danramil Sukrada menjelaskan, penjemputan disamping untuk pengobatan yang lebih intensif juga guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terutama di wilayah kubu dan umumnya wilayah Karangasem.

"Kami bersama anggota Babinsa dan Babhinkamtibmas, mengevakuasi saudara kita yang menjalani isolasi mandiri di rumah," tuturnya.

Pihaknya membawa mereka ke tempat isolasi terpusat agar mendapatkan perawatan yang maksimal dan layak.

Disampaikan juga, penjemputan pasien Covid-19 untuk meningkatkan angka kesembuhan dan mencegah penularan dalam klaster keluarga.

Jika pasien diisolasi di rumah, maka potensi terjadinya penyebaran ke keluarganya yang lain sangatlah besar.

"Makanya kami bawa ke tempat isolasi yang disediakan pemerintah supaya tidak menularkan, dan bisa cepat sembuh" imbuhnya. 

Pelaksanaan penjemputan tersebut Danramil yang juga merangkap Pasilog Kodim 1623/Karangasem sudah melalui protokol kesehatan. 

Pada kesempatan itu, pihaknya mengimbau warga agar tetap mematuhi kebijakan PPKM yang ditetapkan pemerintah dan senantiasa menjaga protokol kesehatan ataun prokes.

Pada masa PPKM saat ini, warga selalu diingatkan agar disiplin 5M yakni selalu memakai masker saat beraktivitas keluara rumah, mencuci tangan dengan air bersih atau hand sanitizer, menjaga jarak, mencegah kerumunan dan menghindari mobilitas, untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada masa pandemi. (Rohmat)



Bagikan Artikel

Rekomendasi