Lakukan Isoter, Pasien Covid-19 Sembuh dalam 10 Hari

Senin, 30 Agustus 2021 : 07.45

Kunjungan Kepala BNPB di Posko PPKM Banda Aceh/Dok.BNPB
Banda Aceh - Pasien Covid-19 yang melaksanakan perawatan di Isolasi Terpusat (Isoter) sembuh rata-rata dalam sepuluh hari. Demikian penjelasan petugas kesehatan di isoter Banda Aceh, Minggu (29/08/2021).

Fasilitas isoter yang dikelola Pemerintah Provinsi Aceh ini antara lain berupa pemantauan dan pengecekan kesehatan, senam pernapasan hingga siraman rohani.

Hal itu disampaikan saat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. berkunjung ke fasilitas isoter tersebut di Hotel Hijrah. Hotel yang dijadikan isoter ini berlokasi di Lam Lagang, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh. 

Kunjungannya ini merupakan rangkaian dari peninjauan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan isoter di Kota Banda Aceh.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 ini juga mengunjungi Posko PPKM  Gampong Lambung, didampingi Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Dr. Safrizal Z.A., M.Si. serta perwakilan Forkopimda Aceh. 

Kepada para petugas posko, Ganip mengingatkan perlunya mengetahui situasi warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman), jangan sampai justru menularkan anggota keluarga yang lain.

Ia katakan, yang melakukan isoman adalah warga yang tidak bergejala atau bergejala ringan, umurnya dibawah 46 tahun. Kemudian rumahnya memenuhi syarat, seperti punya ventilasi yang baik, ada kamar tidur dengan kamar mandi sendiri. 

Dalam kesempatan tersebut, Ganip juga memberikan bantuan 1.000 masker dan sabun 432 batang. Bantuan tersebut merupakan bagian dari 1,5 juta masker untuk penguatan prokes di wilayah Aceh. (pyd)


Bagikan Artikel

Rekomendasi