Kwarda Bali Salurkan Sembako bagi Sesepuh Pramuka sebagai Rasa Hormat

Kamis, 26 Agustus 2021 : 20.00

Ketua Kwarda Bali ,Made Rentin,  pada saat penyerahan bantuan sembako kepada  para sesepuh Gerakan Pramuka di Kabupaten Gianyar, di Kantor Gerakan Pramuka  Kwarcab Gianyar, Kamis, (27/8/2021)/Dok. Kwarda Bali

Gianyar- Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali meringankan beban para sesepuh di dalam masa pandemi Covid-19 ini dengan memberikan sumbangan paket sembako.

Bantuan sebagai wujud rasa hormat dan persembahan rasa bakti para generasi penerus bangsa kepada mereka yang telah menanamkan sejarah dan pondasi gerakan Pramuka khususnya di Bali.

Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali meringankan beban para sesepuh di dalam masa pandemi Covid-19 ini dengan memberikan sumbangan paket sembako. 

"Mudah-mudahan hal ini bisa sedikit membantu kebutuhan beberapa hari kedepan," ucap Ketua Kwarda Bali ,Made Rentin,  pada saat penyerahan bantuan sembako kepada  para sesepuh Gerakan Pramuka di Kabupaten Gianyar, di Kantor Gerakan Pramuka  Kwarcab Gianyar, Kamis, (27/8/2021). 

Rentin menambahkan,kegiatan ini dilaksanakan masih berkaitan dengan perayaan hari Pramuka ke-60, yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2021. 

Sebelumnya Pada Kamis (29/7) membagi-bagikan paket sembako dan nasi bungkus kepada masyarakat di depan kantor Kwarda Bali Renon Denpasari bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara Daerah Bali serta organisasi kemahasiswaan yang terdiri dari Ikatan Mahasiswa dan Masyarakat Papua (IMMAPA Bali).

Juga, menggandeng, Komisaris Daerah Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik RI (Komda III PP PMKRI), dan Koordinator Wilayah Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (Korwil V PP GMKI). 

Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarda Bali Nyoman Aryawan, menjelaskan 25 paket sembako yang berisi  beras 5 kg, minyak goreng 1liter, gula 1 kg dan mie 6 bungkus. 

Sumbangan diterima perwakilan keluarga almarhum Kak Saheran, keluarga almarhum Kak Sukari, Kak Suweli, Kak Susila. 

Sumbangan ini merupakan kerja sama antara Kwarda Bali dengan Bank Indonesia yang selanjutnya juga akan diserahkan ke kwarcab-kwarcab yang lain.

Selain menyerahkan bantuan sembako ketua Kwarda Bali juga  penyerahan Lencana Pancawarsa kepada 30 anggota Pramuka di Kwarcab Gianyar. 

Pada tanun 2021 Kwarda menganugerahkan  Penghargaan Lencana Pancawarsa  sebanyak 100 orang, 30 orang ada di Kwarcab Gianyar. 

Selain Itu Kawarda Bali juga melakukan Ziarah ke Makam Kak Saheran salah satu Tokoh Pramuka yang sangat berjasa dalam sejarah Gerakan Pramuka  di Bali.

Aryawan menambahkan kenapa Kak Saheran ini menjadi istimewa, karena Kak Saheran ini adalah salah satu dari tokoh pramuka di Bali yang menjadi inisiator terbentuknya lambang Kwarda Bali.  

Saat itu kak Saheran menjabat sebagai Nayawan atau Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan dan Pengembangan, sehingga dirinya menginisiasi terbentuknya lambang Kwarda Bali yang dipakai hingga saat ini. (rhm)


Bagikan Artikel

Rekomendasi