Kanwil DJP Bali Edukasi Kesadaran Pajak bagi Generasi Muda

Jumat, 27 Agustus 2021 : 07.03

Kegiatan bertajuk Pajak Bertutur 2021 mengusung tema Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara dilaksanakan daring dan disiarkan lewat akun Youtube Kanwil DJP Bali/Dok. DJP Bali.

Denpasar- Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Bali mengedukasi generasi muda seperti kalangan perguruan tinggi agar semakin sadar tentang pentingnya pajak.

Kegiatan bertajuk Pajak Bertutur 2021 mengusung tema Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara dilaksanakan secara daring dan disiarkan langsung lewat akun Youtube Kanwil DJP Bali. 

Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) ikut ikut memberikan sambutan.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Kanwil DJP Bali Dudung Rudi Hendratna menyampaikan, "Pajak bertutur ini merupakan strategi kami dalam meningkatkan kesadaran pajak. 

"Harapan kami kegiatan ini dapat memberi manfaat, menambah wawasan dan kesadaran perpajakan bagi kita semua untuk mewujudkan generasi muda sadar pajak sebagai wujud bela negara," harap Dudung.

Pihaknya menitipkan pesan kepada mahasiswa apabila nanti telah dewasa dan telah memenuhi syarat objektif dan subjektif agar dapat menjadi wajib pajak yang taat. 

“Untuk bisa APBN berperan menghadapi kondisi pandemi Covid-19, menangani bidang kesehatan, menangani bantuan sosial, membantu usaha kecil menengah, perananan dari pajak menjadi sangat penting. 70% hingga 80% penerimaan keuangan negara atau APBN kita adalah dari pajak,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya. 

Sri Mulyani menjelaskan, setiap rupiah yang dibayarkan masyarakat dalam bentuk pajak sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia, pembangunan, serta negara negara untuk bisa menghadapi berbagai tantangan termasuk pandemi Covid-19.

Pada kesempatan sama, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim juga memberikan sambutannya, ”Adik-adik pelajar dan mahasiswa perlu memahami bahwa pajak sangat penting untuk kehidupan kita dan kemajuan Indonesia.

 Bahkan adik-adik bisa bersekolah dan berkuliah karena pajak. Oleh karena itu kita semua harus belajar tentang pajak dan taat membayar pajak.” 

Rangkaian kegiatan Pajak Bertutur 2021 di Kanwil DJP Bali, berupa antaranya pemaparan materi tentang pentingnya pajak dan layanan yang diberikan oleh DJP kepada mahasiswa, lomba cover lagu sadar pajak dan kuis kesadaran pajak. 

Acara ini diikuti 200 mahasiswa yang berasal dari 7 perguruan tinggi. 

Selain itu, Kanwil DJP Bali juga memberikan apresiasi kepada Institut Teknologi dan Kesehatan Bali sebagai perguruan tinggi dengan kegiatan inklusi teraktif tahun 2020 di lingkungan Kanwil DJP Bali.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ida Ernawati mengharapkan generasi muda memahami bahwa bela negara tidak selalu berarti memanggul senjata menghadapi musuh, namun juga dilakukan dengan bentuk yang lain sepanjang masa dalam segala situasi. 

Misalnya mengikuti pendidikan kewarganegaraan baik jalurpendidikan formal maupun non formal dan juga membayar pajak yang berfungsi sebagai sumber pembiayaan negara untuk melaksanakan pembangunan. (rhm)


Bagikan Artikel

Rekomendasi