Jangan Korbankan Anak-anak dengan Berkerumun tanpa Prokes

Minggu, 29 Agustus 2021 : 23.44

Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, saat melintas di daerah Pucanggading dan menegur beberapa orang karena tidak memakai masker/Agus Nugroho. 

Semarang - Pemerintah melakukan uji coba protokol kesehatan untuk kegiatan olahraga pada wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yakni individual dan dilakukan di luar ruangan.

Dalam Instruksi Mendagri Nomor 34 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 di Jawa dan Bali, diatur bahwa fasilitas olahraga di ruang terbuka boleh dibuka dengan jumlah orang 25 persen dari kapasitas maksimal.

Adapun masker harus digunakan selama berolahraga, kecuali untuk aktivitas olahraga yang harus melepas masker seperti renang.

Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, sambil gowes mengecek kondisi masyarakat di lapangan. Saat melintas di daerah Pucanggading, ia melihat ada kerumunan warga, dari anak-anak hingga dewasa di halaman Masjid Jami Baitul Muttaqin.

Ganjar menegur panitia, karena acara yang melibatkan ratusan anak-anak itu dilaksanakan tanpa protokol kesehatan ketat, Minggu (29/8/2021).

“Anda tadi juga tidak pakai masker. Kalau nanti saya marah, anda merasa tidak enak, kalau ini saya bubarkan pasti juga tidak enak,” tegas Ganjar.

Meski demikian, Ganjar tetap memberikan solusi agar anak-anak untuk bersepeda keliling satu putaran dengan batasan tidak lebih dari 15 menit.

“Sudah, biar anak-anak tidak kecewa, satu putaran langsung pulang. Peserta yang tidak pakai masker suruh pulang, orang tua yang tidak pakai masker suruh pulang. Lebih pintar lagi kalau mengajarkan anak-anak ini pakai masker,” kata Ganjar.

“Mas, anda tadi tidak pakai masker, panitianya siapa ini?” tanya Ganjar, saat mencari panitia atau penanggung jawab pelaksana kegiatan tersebut di lokasi.

Jawaban dari orang yang mengaku penanggung jawab kegiatan itu justru membuat Ganjar semakin kesal, karena tidak menerapkan protokol kesehatan dan tidak membantu sosialisasi prokes pada saat mengadakan acara.

Ganjar langsung meminta agar panitia segera mengakhiri kegiatan tersebut. Sebab, banyak panitia, peserta, maupun orang tua yang mengikuti atau menyaksikan acara itu, tidak mengenakan masker.

Kondisi Covid-19 di Jawa Tengah saat ini belum benar-benar baik, meskipun ada penurunan di sejumlah daerah. Masyarakat diminta tetap waspada dan tidak bereuforia, ketika di daerahnya terjadi penurunan level.(Agus Nugroho)
Bagikan Artikel

Rekomendasi