Dewa Indra: Pramuka Harus Hadir di Masyarakat Putus Pandemi Covid-19

Sabtu, 21 Agustus 2021 : 18.08

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat menerima Lencana Dharma Bakti yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat di Gedung Kwarda Bali, pada Sabtu (21/8/2021)/Dok.Humas Pemprov Bali.
Denpasar - Anggota Pramuka harus terjun berada di tengah masyarakat dalam membantu penanganan untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19.

Apalagi dalam situasi pandemi saat ini, pramuka dapat menjadi garda terdepan dalam penerapan disiplin protokol kesehatan, sebagai motor penggerak dalam kepedulian terhdap sesama.

"Sehingga pramuka dapat membantu pemerintah ikut hadir di tengah masyarakat dalam upaya memutus rantai pandemi covid-19,” papar Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat menerima Lencana Dharma Bakti yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat di Gedung Kwarda Bali, pada Sabtu (21/8/2021).

Indra yang juga Sekretaris Majelis Pembina Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali itu menerima penghargaan bergengsi dari Kwartir Nasional yaitu Lencana Dharma Bakti, atas kiprahnya yang sudah menyumbangkan pikiran, perbuatan, pengabdian dan kemajuan bagi gerakan Pramuka. 

“Menjadi seorang pramuka harus siap disegala situasi dan medan, harus mampu mencari solusi dari setiap masalah, berbekal nilai-nilai dasar pramuka maka kita sebagai pramuka wajib memberikan contoh baik kepada masyarakat,” tutur Indra.

Sesuai arahan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Presiden Joko Widodo, diharapkan Pramuka harus melaksanakan dua hal yaitu disiplin nasional dan kepedulian nasional. 

Dua hal tersebut merupakan nilai dasar yang harus dimiliki Pramuka, sehingga seorang pramuka sejati wajib mengamalkan dua hal tersebut. 

Selanjutnya, Indra juga menekankan di era 4.0 yang serba digital saat ini, diharapkan pramuka juga mampu dalam menyesuaikan diri, dengan mengikuti perkembangan teknologi untuk kemajuan gerakan pramuka. 

Situasi pandemi yang membuat kegiatan menjadi terbatas, baik kegiatan belajar mengajar, kegiatan kepemerintahan, kegiatan perekonomian temasuk kegiatan kepramukaan. 

Pemerintah Provinsi Bali sangat mendukung semua program pramuka khususnya program yang berkaitan dengan kepedulian terhadap masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Selain Dewa Made Indra, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin juga menerima Lencana Karya Bakti yakni tanda penghargaan yang diberikan kepada para anggota Gerakan Pramuka yang dengan keikhlasan, pengorbanan, disiplin.

Selain itu atas keberanaiannya terlibat langsung dan aktif dalam upaya penanggulangan bencana yang merupakan bencana nasional, sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara serta bagi Gerakan Pramuka. 

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin menyampaikan penyerahan penghargaan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hati Pramuka ke-60. 

Pihaknya mengajak dua penghargaan ini sebagai pemantik semangat kita dalam mendarma baktikan diri untuk gerakan pramuka dan masyarakat, 

"Terlebih dalam upaya memutus rantai covid-19 sehingga dengan bergerak bersama pandemi ini akan cepat berlalu”, tandas Kepala BPBD Bali ini. 

Tak lupa Rentin mengingatkan jajarannya dan masyarakat agar tetap mengikuti himbauan pemerintah melaksanakan protokol kesehatan dan disiplin 5M untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Masyarakat agar beraktivitas khususnya saat di luar rumah senantiasa memakai masker, mencuci tangan dengan air bersih atau hand sanitizer, menjaga jarak, mencegah kerumunan serta mengurangi mobilitas keluar rumah. 

Terlebih, saat kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masayarakat (PPKM) Level 4 yang diterapkan secara nasional termasuk di seluruh Pulau Bali. (Rohmat)

Bagikan Artikel

Rekomendasi