BI Bali Rangkul Perbankan Daerah Gotong Royong Ringankan Warga Terdampak Pandemi

Selasa, 17 Agustus 2021 : 08.23

Penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dan BMPD Peduli kepada Satgas Covid-19 dan rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Bali, Senin 16 Agustus 2021/Dok. BI Bali.

Denpasar - Bank Indonesia menggandeng Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Bali untuk bergotong royong memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak pandeni Covid 19.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho saat penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dan BMPD Peduli kepada Satgas Covid-19 dan rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Bali, Senin 16 Agustus 2021.

Trisno menambahkan, penyerahan bantuan Bank Indonesia dan BMPD Provinsi Bali merupakan rangkaian kegiatan dari perayaan HUT RI ke-76, HUT Bank Indonesia ke-68, dan HUT Provinsi Bali ke-63. 

Ia mengungkapkan, perpanjangan PPKM level 4 hingga 16 Agustus 2021 di Pulau Jawa–Bali memberi dampak signifikan bagi masyarakat.

"Dampak paling terlihat dengan PPKM darurat adalah penurunan kemampuan sosial ekonomi," tuturnya.  

Bank Indonesia bersama anggota Komisi XI DPR RI membagikan kurang lebih 20.000 paket sembako bagi masyarakat yang terdampak covid-19 di berbagai wilayah di Provinsi Bali.

Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan BMPD Provinsi Bali atas dedikasi diberikan.

"Bantuan diberikan dinilai sangat meringankan beban pemerintah daerah dan mendukung percepatan penanganan dan pelayanan pasien di rumah sakit yang membutuhkan oksigen," tandas Koster.

Koster berharap Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan rumah sakit dapat berinvestasi untuk pengadaan mesin oksigen generator sehingga Provinsi Bali dapat mandiri dan tidak lagi bergantung pada pasokan dari Pulau Jawa. 

Seluruh elemen masyarakat dan pemerintah saling bersinergi dan berkolaborasi untuk bergotong royong agar penanganan Covid-19 dapat selesai lebih cepat.

Bantuan diserahkan secara luring (offline) oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan Perwakilan Pengurus Badan Musyawarah Perbankan Daerah Provinsi Bali kepada Gubernur Bali.

Penyerahan bantuan disaksikan perwakilan dari sembilan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali, diantaranya Wali Kota Denpasar, Bupati Klungkung, Bupati Tabanan.

Turut hadir, perwakilan BMPD Provinsi Bali juga turut hadir, diantaranya Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, BPD Bali, Bank Danamon, Bank Mandiri Taspen dan Bank Central Asia.

Bantuan diberikan oleh Bank Indonesia berupa 500 tabung oksigen kepada rumah sakit daerah dan rumah sakit swasta untuk membantu penanganan pasien Covid-19 di Provinsi Bali.

Juga bantuan sembako sebanyak 50 ton beras kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di 9 kabupaten/kota.

Kepala Wilayah Region XI Bali dan Nusa Tenggara PT Bank Mandiri (Persero) sekaligus mewakili BMPD Provinsi Bali, Hendra Wahyudi menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi di masa pandemi Covid-19. 

Hendra mengharapkan bantuan ini memberikan kekuatan pada masyarakat Bali dalam menghadapi dampak ekonomi pandemi Covid-19.  

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat menggerakkan kepedulian lembaga atau institusi lain untuk bergotong royong mendukung pemerintah Provinsi Bali. (rhm)


Bagikan Artikel

Rekomendasi