Banjir di Kutai Kartanegara, 455 Rumah Terendam

Senin, 30 Agustus 2021 : 00.32

Kondisi banjir di wilayah Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Sabtu (28/08/2021)/Dok.BPBD Kutai Kartanegara

Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara melaporkan, 455 unit rumah terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kutai Kartanegara Kalimantan Timur Sabtu (28/08/2021) pukul 08.00 WITA.

Banjir terjadi di Desa Makarti Kecamatan Marangkayu dan di Kecamatan Samboja yang meliputi Kelurahan Margomulyo, Sei Seluang, Solok Api Darat, dan Kelurahan Amborowang Laut. 

Tinggi air saat kejadian berkisar 20-100 sentimeter, menyebabkan jalan poros Samarinda menuju Bontang tidak dapat dilintasi kendaraan. 

Kondisi terkini dilaporkan air mulai berangsur surut. Hal ini disampaikan Sandi, Kasi Kedaruratan BPBD Kutai Kartanegara via telepon pada Minggu (29/8/2021).

Proses evakuasi korban banjir telah diupayakan, namun warga memilih bertahan di rumah.

Prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara masih berpotensi hujan ringan hingga Selasa (31/08/2021).

Sementara itu, banjir akibat hujan deras juga terjadi di wilayah Balikpapan Kalimantan Timur pada Sabtu (28/08/2021) pukul 10.00 WITA seperti dilaporkan BPBD Kota Balikpapan. 

Banjir terjadi di Kawasan Gunung Sari Ulu, Kelurahan Manggar,  Damai, Prapatan, Gunung Samarinda dan Kelurahan Muara Rapak. Tercatat  200 KK atau 800 jiwa terdampak dan masih terus dalam proses pendataan.

Dilaporkan hujan deras ini juga memicu longsor di enam titik di kawasan Kelurahan Damai,  Prapatan,  Telagasarai, dan Kelurahan Muara Rapak serta di Kawasan Gunung Sari Ulu dan Kawasan Gunung Steling.

BPBD Balikpapan bersama tim gabungan TNI/POLRI, Tim SAR, dan relawan membantu penanganan banjir dan longsor di lokasi kejadian. Saat ini, banjir dilaporkan sudah berangsur surut.

Hendro Pusdalops BPBD Balikpapan mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan logistik berupa makanan siap saji bagi para warga yang terdampak banjir dan longsor.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tentang cuaca dengan potensi untuk Senin (30/8) di wilayah Penajam, Batu Sopang, Kelay, Muara Wahau, Sendawar, Long Iram, Tabang, Kongbeng, Bengalon, Long Apari, Long Bagun, Laham, Balikpapan, Melak, Sandaran dan Sengatta.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siap siaga. Prakiraan cuaca bisa dipantau melalui BMKG atau melihat potensi bahaya maupun risiko di aplikasi inaRISK. (pyd)





Bagikan Artikel

Rekomendasi