Penyekatan di Perbatasan Magelang, Ribuan Kendaraan Diputar Balik

Minggu, 11 Juli 2021 : 12.43
Petugas gabungan dari Polres Magelang, Kodim 0705 Magelang serta Satpol PP Kab. Magelang memutar balikan kendaraan di perbatasan Magelang - Yogyakarta tepatnya di Tugu Ireng, Kecamatan Salam Magelang/ags.

Magelang - Petugas gabungan dari Polres Magelang, Kodim 0705 Magelang serta Satpol PP Kab. Magelang melakukan penyekatan kendaraan di perbatasan Magelang - Yogyakarta tepatnya di Tugu Ireng, Kecamatan Salam, Magelang.

Ribuan kendaraan roda empat dan roda dua berplat Polisi dari luar Magelang diputar balik, Sabtu (10/7/2021). Kegiatan penyekatan ini berkaitan dengan pemberlakuan PPKM Darurat di Kab. Magelang, sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba, menegaskan bahwa berdasarkan hasil evaluasi mobilitas di wilayah Kabupaten Magelang masih tinggi, walupun sudah ada penurunan dibanding dengan sebelum adanya PPKM Darurat.

“Untuk itu mulai sekarang dan seterusnya, saya tegaskan semua kendaraan dari luar Magelang yang tidak memiliki kopentensi, baik dari aspek esensial dan kritikal, yang masuk ke Magelang, semuanya akan kami suruh putar balik,” tegas Kapolres di sela-sela kegiatan penyekatan.

Dia menyebutkan selama kegiatan diakuinya ada beberapa kendaraan bernomor Polisi luar Magelang diijinkan jalan terus, apabila memiliki kompetensi dan menunjukkan dokumen melintas antar kota.

"Kecuali untuk kendaraan pribadi yang bisa menunjukkan surat tugas dari kantornya di bidang esensial dan kritikal itu boleh. Kemudian kendaraan niaga dan memuat bahan-bahan pokok atau berbisinis juga masih kita perbolehkan,” kata Ronald.

Ronald, mengatakan kegiatan ini akan terus dilakukan evaluasi, jika nantinya sudah semakin sedikit, pihaknya akan memfilter lagi sampai benar-benar hanya orang-orang yang memiliki kompetensi bekerja saja yang ada di lapangan.

“Yang lainya dirumah saja sampai tanggal 20 Juli mendatang,” katanya. Kapolres menyebutkan selama penyekatan sudah ribuan kendaraan dari luar daerah yang harus putar balik.

“Sudah ribuan kendaraan plat di luar AA telah kita suruh putar balik,” jelasnya. Terkait adanya jalur tikus, Ronald menambahkan bahwa pihaknya akan memberi efek jera kepada masyarakat yang berusaha menerobos jalur karena PPKM Darurat.

“Kami tegaskan, bahwa kegiatan ini tidak hanya di Magelang saja. Sekarang ini gabungan dari seluruh Polres-Polres serentak melakukan penyekatan antar Kabupaten. Kami memberi pesan kepada masyarakat, kalau tidak memiliki kepentingan maka di rumah saja,” pungkas Ronald. (ags)

Bagikan Artikel

Rekomendasi