Hasil Kerja Keras Satgas Bersama Warga, TMMD Ke 111 Kodim Karangasem Rampung 100 Persen

Rabu, 14 Juli 2021 : 19.34

Karangasem - Sehari jelang penutupan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 111 Kodim 1623/Karangasem Tahun Anggaran 2021, di Desa Adat Bukit Galah, Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, semua sasaran baik fisik maupun non fisik sudah 100 persen rampung dikerjakan sebagai kerja keras Satgas TMMD bersama masyarakat.

Sasaran fisik dimaksud yaitu pembangunan jembatan sepanjang 15 meter dengan lebar 5 meter sebagai sasaran pokok. Kemudian sasaran tambahan berupa pembuatan senderan jembatan, cek dam, bak penampungan air bersih dan pembukaan lahan pertanian seluas 1,4 hektare.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dansatgas TMMD Ke111 Kodim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa saat memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Satgas TMMD, selasa (13/7/2021) bertempat di Balai Desa Adat Bukit Galah, yang juga dihadiri oleh tokoh adat sekaligus Bendesa Adat Bukit Galah, I Putu Suyasa.

Dansatgas mengatakan terkait pengerjaan sasaran fisik dan non fisik TMMD Ke 111 Kodim 1623/Karangasem yang telah rampung 100 Persen ini tidak terlepas dari kerjasama antara Satgas TMMD dan masyarakat serta Instansi terkait selama satu bulan.

"Ucapan terima kasih pada semua pihak yang telah berjibaku menyelesaikan semua sasaran tepat waktu, terima kasih kepada seluruh anggota Satgas dan masyarakat atas kerjasamanya selama ini dalam pengerjaan sasaran fisik dan non fisik telah berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya.

Letkol Bima juga mengingatkan apabila ada hal-hal menyangkut tunggakan anggota yang belum dibayarkan selama kegiatan TMMD agar diselesaikan sehingga kita meninggalkan lokasi TMMD dengan aman tanpa ada sangkut paut permasalahan dengan masyarakat setempat.

Terkait situasi PPKM Darurat, Dansatgas mengingatkan kepada semua anggota supaya tetap menerapkan protokol Kesehatan COVID-19.

"Apabila merasa kurang sehat agar melaksanakan isolasi mandiri dan melaksanakan tes Swab untuk meyakinkan negatif COVID-19 sehingga seluruh personel nanti kembali ke keluarga tidak membawa Virus Corona atau COVID-19," sambungnya.

Salah seorang warga bernama Mangku I Komang Pageh mengucapkan terima kasih kepada Satgas TMMD yang telah membantu masyarakat di Bukit Galah dan sekitarnya atas jerih payah membangun jembatan dan memberikan berbagai penyuluhan atau sosialisasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami mewakili masyarakat meminta maaf kepada Satgas TMMD apabila selama sebulan bergaul bekerjasama mengerjakan program TMMD ada kesalahan baik perkataan ataupun perbuatan masyarakat disini terhadap Satgas TMMD," jelasnya.

Hal yang sama Dansatgas juga menyampaikan permintaan maaf apabila selama program TMMD di Bukit Galah ada perkataan dan perbuatan anggota yang menyinggung perasaan masyarakat.

"Kami Satgas TMMD akan selalu mengenang dan bangga kepada masyarakat Bukit Galah dan sekitarnya yang telah membantu secara sukarela pembangunan jembatan sehingga akses jalan penghubung antara Kecamatan Selat dan Kecamatan Bebandem selesai dikerjakan dengan tujuan sebagai jalan penghubung transportasi dan jalur evakuasi apabila terjadi bencana erupsi Gunung Agung seperti terjadi pada tahun 2017 silam," tutupnya. (riz)

Bagikan Artikel

Rekomendasi