Dua Puluh Tahun Silam, Megawati Menangis hingga Sakit Hati kepada Gus Dur

Minggu, 25 Juli 2021 : 14.45
Rizal Ramli bersama Megawati/Twitter/RizalRamli

Jakarta - Ada kisah yang jarang diketahui publik sebelum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dimakzulkan dalam sidang istimewa DPR, 20 tahun silam yakni ketika Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarno Putri sampai menangis dan sakit hati pada Gus Dur.

Kisah itu diungkapkan oleh orang dekat yang duduk di kabinet Gus Dur yakni Rizal Ramli. Saat memperingati 20 tahun pemakzulan Gus Dur yang diinisasikan Rafly Harun dalam akun YouTubenya, Rizal Ramli mengungkapkan kisah tersebut.

Rizal Ramli mengungkapkan, ia dipanggil Megawati di kantor Wakil Presiden di jalan Medan Merdeka Selatan. Kala itu, Megawati sudah tampak menangis sesuggukan. Dalam kondisi menangis, Megawati mengungkapkan keinginannya agar Gus Dur meminta maaf pada dirinya.

"Sebulan sebelum kejatuhan Gusdur, saya dipanggil Mbak Mega di kantor Wali Presiden, di Medan Merdeka Selatan. Mbak Mega nangis, nangis sesuggukan, benar-benar nangis," Rizal Ramli mengisahkan sebagaimana dilansir dari Suara.com, Minggu (25/7/2021).

Dikatakan, ada pernyataan Gus Dur mengenai Megawati yang tidak bisa diterima, bahkan oleh suami dan anak perempuannya, Puan Muharani.

"Kok Mas Dur (Gus Dur) tega ngomong gitu tentang saya, saya tidak terima. Bang Taufik marah sekali, Puan Marah sekali, Mas Dur harus minta maaf," ucap Magawati kala itu sebagaimana ditirukan ekonom senior itu.

Jika Gus Dur tidak minta maaf dalam waktu dua bulan, maka Megawati tidak mau lagi mendukung pemerintahan Gus Dur. "Duh, bahaya ini," ucap Rizal Ramli mengungkapkan ekspresinya mendapatkan pernyataan tersebut.

Mengetahui situasi itu, dia menghubungi Alwi Shihab yang dikenal dekat pada Gus Dur. "Gus Dur harus minta maaf, Ini penting banget," ujar Rizal Ramli kepada Alwi Shihab.

Lalu setelah Alwi Shihab menemui Gus Dur, diketahui Gus Dur tidak mau meminta maaf karena apa yang diungkapkannya ialah hal yang benar. "Mas Rizal, Gus Dur, tidak mau minta maaf," sambung Rizal.

Dia lanjut mengubungi anak Gus Dur, Yenni Wahid agar membujuk Gus Dur untuk meminta maaf kepada Megawati. Namun hal tersebut kembali gagal.

Rizal berinisiatif menemui Gus Dur di istana kepresidenan. Dengan sambil memeluk, Rizal mengungkapkan jika ia membujuk Gus Dur meminta maaf.

Kata Rizal, dirinya bahkan menyarankan Gus Dur untuk tidak mencampur urusan yang bukan urusan negara. "Saya sendiri datang malam, hubungan saya sama Gus Dur itu seperti hubungan sebagai teman, bapak anak. Saya sampai bilang pada Gus Dur, jatuh ini Pemerintah, Gus," tuturnya.

Hanya saja, upaya meminta dan merayu Gus Dur minta maaf tidak tercapai. Gus Dur tidak mau melakukannya karena menilai apa yang diungkapkannya benar.

Tak lama, setelah itu, terjadi tank militer, sudah diarahkan ke istana. Bagi warga sipil, ini sudah tampak sebagai kudeta. Lalu terjadi Gus Dur jatuh.

Rafly sebagai moderator acara pun sempat menanyakan perihal pernyataan apa yang membuat Megawati dan Gus Dur akhirnya minta maaf. Namun sayang, Rizal enggan menyebutkannya sekarang namun berjanji akan membuknya mungkin satu dekade kedepan. (rhm).

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelummya di Suara.com dengan judul: "Megawati Pernah Menangis Sesenggukan, Harap Gus Dur Minta Maaf"

Bagikan Artikel

Rekomendasi