Disiplin Masyarakat terhadap PPKM Darurat Penting dalam Memutus Rantai Covid-19

Senin, 12 Juli 2021 : 14.14
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta (tengah) bersama pejabat lainnya saat Apel Kesiapan Operasi Yustisi PPKM Darurat di Lapangan Polres Klungkung, Senin (12/7/2021)/Dok. Humas Pemkab Klungkung.

Semarapura - Penegakan hukum terhadap disiplin masyarakat dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat saat ini sangat penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal itu ditegaskan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat memimpib Apel Kesiapan Operasi Yustisi PPKM Darurat di Lapangan Polres Klungkung, Senin (12/7/2021).

Suwirta mengatakan, sampai saat ini, semua mengetahui bahwa masalah pendemi Covid-19 belum memperlihatkan tanda-tanda akan berakhir termasuk di Kabupaten Klungkung.

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah melakukan berbagai upaya mulai koordinasi, sinergi dengan multi pihak namun sampai sekarang masih juga pendemi belum berakhir.

"Semoga PPKM ini menjadi yang terakhir dan badai segera berlalu," ujar Suwirta didampingi Sekda Klungkung I Gede Putu Winasta, Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana.

Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan Intruksi Nomor 15 Tahun 2021 untuk memberlakukan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

Kebijakan tersebut juga ditindaklanjuti Bapak Gubernur Bali dengan menerbitkan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 09 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Corona Virus Disiase 2019 dalam tatanan kehidupan era baru di Provinsi Bali.

Karenanyam Pemerintah Kabupaten Klungkung telah berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Bali dalam melaksanakan PPKM Darurat.

"Mari bersama-sama ikuti dan taati protokol kesehatan dengan baik," serunya. Masyarakat agar disiplin protokol kesehatan dengan 3M yakni selalu memakai masker, mencuci tangan dengan air sabun mengalir atau hand sanitizer serta menjaga jarak.

Tak lupa, masyarakat juga diminta menghindari kerumunan dan mengurangi berpergian atau mobiltas sehingga potensi penularan Covid-19 bisa dieliminir. Masyarakat juga diharapkan bisa mengikuti ketentuan-ketentuanyang diberikan oleh pemerintah didalam menangani ancanam wabah covid-19.

Penegakkan hukum terhadap disiplin masyarakat dalam masa PPKM darurat ini sangat penting dilaksanakan bersama demi memutus mata rantai penyebaran covid-19 khususnya di kabupaten Klungkung.

"Semoga apa yang dilakukan oleh pemerintah untuk menangani atau mengantisipasi lonjakan kasus penyebaran covid-19 ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya," harap Suwirta. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi