Di Masa Pandemi, Minat Qurban di Tabanan Tetap Tinggi

Selasa, 20 Juli 2021 : 15.51
Kambing qurban di RWM Bukit Sanggulan Indah yang akan dipotong Rabu, (21/7/2021)

Tabanan - Meski saat ini sedang masa pandemi Covid-19, minat warga muslim di Kabupaten Tabanan, Bali untuk berqurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H masih tetap tinggi.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah hewan qurban berupa sapi dan kambing di sejumlah wilayah komunitas muslim di Kabupaten Tabanan yang tetap tinggi.

Ketua Rukun Warga Muslim (RWM) Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI) dan sekitarnya di Kecamatan Kedir, Eko Anang Sulistiono mengemukakan, pada Hari Raya Idul Adha 1442 H ini pihaknya memotong hewan qurban berupa sapi 14 ekor dan kambing 24 ekor.

"Meski di masa pandemi Covid-19, minat warga muslim di sini untuk berqurban tetap tinggi. Boleh dibilang pandemi covid-19 tidak terlalu berpengaruh," ujarnya saat ditemui di lapangan belakang Masjid Al Muhajirin, Selasa (20/7/2021).

Disebutkan, pada Idul Adha tahun lalu RWM Perumnas BSI dan sekitarnya memotong sapi 13 ekor dan kambing 21 ekor.

"Dibanding tahun lalu yang juga masa pandemi, jumlah hewan qurban pada Idul Adha tahun ini ada peningkatan yang cukup signifikan karena kompleks perumahan di sekitar BSI tahun ini juga melakukan pemotongan hewan qurban sendiri," paparnya.

Menurut Sulistiono, di masa PPKM Darurat ini pihaknya menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat. Untuk mengurangi kerumunan, jumlah panitia sengaja dikurangi hingga 30 persen.

Demikian juga bila sebelumnya ibu-ibu Majelis Taklim dilibatkan dalam penyiapan konsumsi untuk panitia qurban, tahun ini tidak dilibatkan.

"Konsumsi panitia tahun ini beli nasi bungkus di warung. Sedangkan daging qurban akan kami antarkan ke rumah masing-masing warga untuk menghindari antrian dan kerumunan," katanya.

Ditambahkan, penyembelihan hewan qurban dilakukan sehari setelah Idul Adha, di lapangan belakang Masjid Al Muhajirin, Rabu (21/7/2021).

"Penyembelihan tidak dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) karena penuh. Kami lakukan secara mandiri di lapangan seperti tahun-tahun lalu. Namun kali ini dengan prokes yang ketat," tegasnya.

Secara terpisah, salah seorang Panitia Qurban di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Tabanan Edy Purwono yang menyebutkan jumlah hewan qurban di GDM tahun ini sapi sejumlah 13 ekor dan kambing 10 ekor.

Menurut Edy, penyembelihan hewan qurban dilakukan di RPH Tabanan, besok Rabu (22/7/2021). Pembagian daging qurban dilakukan secara drivethru.

"Peserta qurban mengambil daging qurban ke lokasi pengambilan di GDM Tabanan dengan menunjukkan kwitansi pembayaran hewan qurban, Panitia menitipkan tiga bungkus daging qurban untuk dibagikan ke lingkungan sekitar peserta qurban. Tahun sebelumnya kami membagikan kupon," paparnya. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi