Bupati Dana Ingin Vaksin Tahap Tiga Sasar Anak hingga Pelosok Desa

Senin, 05 Juli 2021 : 22.07
Bupati I Gede Dana memantau vaksinasi di SMP N 2 Amlapura/Dok. Humas Pemkab Karangasem

Amlapura - Bupati Karangasem I Gede Dana ingin vaksinasi tahap ketiga bisa menyasar anak-anak usia 12 sampai 17 tahun hingga ke pelosok desa.

Untuk itu, dalam Upaya Penanggulangan Pandemi, Program Vaksin Covid-19 di Kabupaten Karangasem mulai diperluas ke anak-anak usia 12-17 tahun, Bupati Gede Dana bersama Jajaran Forkopimda Karangasem meninjau vaksinasi di SMP N 2 Amlapura, Senin (5/7/2021).

Hal tersebut merujuk pada surat edaran Kementrian Kesehatan Nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 Bagi Masyarakat Rentan Serta Masyarakat Umum Lainnya dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 12-17 Tahun.

Dana mengingatkan peserta untuk tetap menaati protokol kesehatan. "Kami baru menyasar 2 sekolah yaitu SMP N 2 Amlapura dan SMP N 5 Amlapura dengan peserta kami batasi hanya 50 orang untuk mengurangi kerumunan," Ujar Gede Dana.

Lebih lanjut Dirinya menuturkan akan menyasar 47.000 Anak usia 12-17 tahun di Kabupaten Karangasem.

"Kami tidak hanya menyasar yang sekolah saja tetapi nantinya kami akan menyasar hingga kepelosok desa untuk yang tidak mengenyam pendidikan yang berusia 12-17 tahun," ucap Gede Dana.

Dengan ini juga kami berharap agar dapat menekan laju penyebaran covid-19 menurun, bila semua anak SMP dan SMA telah tuntas divaksin maka nanti anak-anak akan belajar lebih nyaman pada saat Pembelajaran Tatap Muka dimulai.

Kepala Dinas Kesehatan Karangasem dr. Ida Bagus Putra Pertama menjelaskan, jenis vaksin yang digunakan adalah jenis sinovac, dengan dosis 0,5 ml atau setengah dari dosis orang dewasa.

Untuk jarak atau interval waktu kata dia, minimal 28 hari dari dosis pertama ke dosis kedua. "Peserta Vaksin tahap 3 ini cukup dengan membawa kartu keluarga atau identitas yang dicantumkan nomor induk kependudukan (NIK) anak saja," ujarnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi