Antisipasi Penyebaran Varian Baru, Lanal Denpasar Gelar Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim

Minggu, 04 Juli 2021 : 21.13
Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono memberikan keterangan terkait serbuan vaksinasi bagi masyarakat pesisir/Dok.Lanal Denpasar

Denpasar - Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar menggelar serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim dalam upaya membantu percepatan penanganan Covid-19 di Bali.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, MAP, mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian para prajurit TNI AL, dalam membantu percepatan penanganan Covid-19 di Wilayah Bali.

Serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim dan kalangan umum di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Jumat 2 Juli 2021.

Kegiatan melibatkan puluhan tenaga kesehatan (nakes) dari Lanal Denpasar, Polresta Denpasar, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Kelas 1 Pelabuhan Benoa, dan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dengan mengalokasikan vaksin jenis Sinovac sebanyak 520 dosis.

Masyarakat di sekitar wilayah kerja Lanal Denpasar, khususnya masyarakat maritim dan pesisir, menjadi targer sasaran kegiatan. "Hal ini sesuai, dengan program pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tuturnya dihubungi wartawan Sabtu 3 Juli 2021.

Danlanal Denpasar, diminta konfirmasinya di sela kesibukan memimpin puluhan prajurit TNI AL saat melakukan Operasi SAR dengan KRI Rigel-933 terhadap para korban KMP Yunicee yang tenggelam di Selat Bali.

Saat mewakili Danlanal, Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono, menjelaskan, dalam serbuan vaksinasi kali ini, pihaknya Denpasar bekerjasama dengan Polri, Pemprov Bali, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), KKP, dan Pelindo yang berada di wilayah kerja Lanal Denpasar.

Selain untuk menyukseskan program pemeritah dalam aksi percepatan penanganan Covid-19 serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pemberian vaksin kepada masyarakat maritim ini untuk mengantisipasi penyebaran varian baru.

"Sehingga kami laksanakan vaksinasi segera di Pelabuhan Benoa ini,” kata Palaksa Lanal Denpasar, didampingi Dandenpom Lanal Denpasar Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan, SH, dan Kepala Balai Kesehatan (Ka BK) Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi serta menjalankan protokol kesehatan (prokes) melalui 6M yaitu, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, serta meningkatkan imunitas.

Semuanya itu dilakukan, agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kegiatan bisa normal kembali. Kegiatan merupakan perintah pimpinan TNI AL yaitu Kasal Laksamana TNI Yudho Margono, agar jajarannya membantu pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat maritim.

Kepada seluruh insatansi terkait juga dimbau untuk proaktif dalam membantu upaya percepatan vaksinasi bagi masyarakat.

Kegiatan mendapat sambutan positif dan apresiasiasi dari masyarakat Kota Denpasar, terutama para pelaku usaha di Pelabuhan Benoa, yang antusias untuk datang dan mengikuti vaksinasi.

Ketua Jalasenastri Cab 10 Korcab V DJA II Citra Komang Teguh Ardana menambahkan, serbuan vaksinasi ini juga bagian dari rangkaian kegiatan menjelang peringatan HUT ke-75 Jalasenatri.

"Kami berharap, adanya pemberian vaksin ini bisa mengurangi risiko kematian bila terserang atau terpapar virus corona," imbuh Citra. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi