205 Kecamatan di Lampung Nikmati Jaringan 4G XL Axiata

Jumat, 02 Juli 2021 : 21.28
Sejumlah pekerja pada proyek peremajaan jaringan fiber optik milik XL Axiata yang menghubungkan Kedaton - Kalianda, Provinsi Lampung, Kamis (1/7)/Dok. XL Axiata.

Bandar Lampung - PT XL Axiata (XL Axiata) terus memperluas jaringan data di seluruh wilayah layanan, termasuk Provinsi Lampung, seiring dengan tumbuhnya trafik dan jumlah pelanggan.

Jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sekitar 92% desa yang ada di seluruh Provinsi Lampung atau 2.431 desa dari total 2.653 desa, yang berada di 205 kecamatan.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, saat ini sedang dalam proses pembangunan jaringan di wilayah Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Tanggamus.

Trafik penggunaan layanan XL Axiara terus tumbuh seiring dengan terus bertambahnya pelanggan, makin luasnya jaringan hingga ke pelosok pedesaan, serta meningkatnya kualitas jaringan yang mampu menghadirkan kenyamanan pelanggan.

"Saat ini seluruh wilayah Lampung, jaringan XL Axiata diperkuat lebih dari 3.300 BTS, termasuk di antaranya lebih dari 1.400 BTS 4G," sebutnya dalam keterangan tertulis, Jumat (2/7/2021).

Jumlah BTS ini akan terus bertambah seiring dengan perluasan jaringan yang terus berlangsung, termasuk ke area-area baru yang sebelumnya belum terjangkau layanan seluler.

Selain perluasan, peningkatan kualitas jaringan data juga terus dilakukan di semua kota/kabupaten mengingat pertumbuhan trafik yang cukup signifikan setiap tahunnya, bahkan ada yang meningkat hingga 200%.

Peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan antara lain pada RAN dan transport untuk memperbesar kapasitas jaringan sehingga layanan yang diterima oleh pelanggan menjadi lebih baik.

Hasilnya, kualitas jaringan data secara rata-rata bagus untuk mengakses berbagai jenis layanan data, termasuk yang berkapasitas besar seperti streaming video.

Sejumlah wilayah yang sudah mendapatkan peningkatan kualitas jaringan antara lain Tanggamus, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Barat, dan Lampung Utara.

Untuk peningkatan jangkauan, XL Axiata juga telah melakukan perluasan jaringan data berkualitas hingga ke pelosok pedesaan, antara lain di wilayah Kecamatan Hulusungkai, Kabupaten Lampung Utara, serta Kecamatan Bulok di Kabupaten Tanggamus.

Sejak Juli 2020, masyarakat sejumlah desa di kedua kecamatan tersebut bisa menikmati jaringan 4G XL Axiata.

Dikatakan Desy, seiring perluasan jaringan dan peningkatan kualitas layanan, XL Axiata juga menyediakan beragam produk XL dan AXIS yang disesuaikan dengan kebutuhan beragam segmen pelanggan.

Sebut saja, untuk pelajar dan mahasiswa, antara lain ada AXIS BOY yang bisa menjadi sarana untuk mendukung aktivitas belajar dari rumah selama masa pandemi. Paket ini sangat terjangkau, hanya dengan Rp 10 ribu, memberikan kuota mulai dari 2 GB untuk masa aktif 60 hari.

Beragam kuota bonus untuk edukasi juga bisa didapatkan pelanggan, seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Kuota conference seperti Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Guna mendukung menyediakan fasilitas akses internet untuk para pelajar yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ), XL Axiata memberikan donasi berupa sarana akses internet menggunakan router untuk 10 sekolah di Kabupaten Tanggamus. Setiap sekolah mendapatkan satu unit router.

Setiap router tersebut bisa diakses secara bersamaan sekaligus hingga 32 perangkat baik smartphone, tablet, maupun laptop. XL Axiata juga membekali setiap router dengan paket data 20GB gratis yang akan diisi setiap bulan selama setahun.

Ke-10 sekolah tersebut terdiri dari SMA 1 Talang Padang, MAN 1 Tanggamus, SMAN 1 Kota Agung, SMA Muhammadiyah Kota Agung, SMAN 2 Kota Agung, SMPN 1 Ulubelu, SMKN 1 Pugung, SMPN 3 Pugung, SMAN 1 Ulubelu dan SMK PGRI 1 Kota Agung, Provinsi Lampung.

Acara penyerahan donasi sudah berlangsung pada Mei 2021 lalu di SMA 1 Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Donasi diserahkan oleh Territory Sales Manager XL Axiata area Lampung, Yanuar Eka Fitri yang menyerahkan langsung kepada perwakilan sekolah, Mudakir, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi