113 Penyintas Covid-19 Donorkah Darah Tanggulangi Pandemi

Kamis, 22 Juli 2021 : 22.05
Para penyintas itu, melewati beberapa tahapan sebelum mengikuti screening donor plasma convalesen di Rumkit Lapangan, Jalan Indrapura, Surabaya/Dok.Pendam5brawijaya

Surabaya - Dalam upaya menanggulangi dampak pandemi di masyarakat sebanyak 113 penyintas Covid-19 secara sukarela mendonorkan darahnya.

Para penyintas itu, melewati beberapa tahapan sebelum mengikuti screening donor plasma convalesen di Rumkit Lapangan, Jalan Indrapura, Surabaya, Kamis, (22/7/2021).

Mereka terdiri dari 180 dari orang dari Rumkit dr. Soepraun, 74 dari Rumkit Lap Indrapura dan 21 orang dari Rumkit TK III Baladhika Husada.

“Manfaat donor plasma convalesen itu sendiri, yaitu untuk membantu pasien-pasien Covid kategori berat. Sedangkan bagi para pendonor sendiri, mereka bisa mengetahui tingkat imunitas di dalam tubunya,” kata Dokter spesialias bedah saraf, Kolonel Ckm Krisna.

Disebutkan, satu pendonor plasma darah, kata Krisna, mampu menghasilkan setidaknya dua kantong darah. Kata Krisna, terdapat beberapa persyaratan sebelum penyintas Covid diperbolehkan untuk mengikuti donor plasma itu.

Salah satunya persetujuan dari pihak rumah sakit tempat mereka dirawat, hingga perhomonan pengajuan sekaligus mengirim sampel darah ke pihak PMI. “Pendonor tidak diperbolehkan lagi mendonorkan darahnya ketika sudah mencapai titer kurang dari 1/160,” tutupnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi