Taman Satwa Tabanan, Bupati Sanjaya: Daya Tarik Pariwisata Baru di Bali

Rabu, 02 Juni 2021 : 19.42
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya meresmikan pembukaan (soft opening) Taman Satwa Tabanan/Dok. Humas Pemkab Tabanan

Tabanan - Taman Satwa Tabanan atau yang dikenal dengan Tasta Wildlife Park, di Desa Angseri, Banjar Tegeh, Kecamatan Baruriti menjadi daya tarik baru pariwisata di Pulau Bali.

Hal itu disampaikan Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, didampingi oleh Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, SE., meresmikan pembukaan (soft opening) Tasta Wildlife Park, Senin 1 Juni 2021.

Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, acara yang berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ini, nampak dihadiri oleh Anggota DPR RI, Ketua DPRD Provinsi Bali, Ketua DPRD Kab Tabanan, Sekda Kab Tabanan, Direktur BPD Bali, Kepala Perangkat Daerah dan OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Bupati Sanjaya mengapresiasi Tasta sebagai sebuah kebun binatang dengan konsep yang kreatif, bukan saja sebagai taman masgasatwa tetapi juga sebagai pusat edukasi bagi masyarakat khususnya dalam hal konservasi alam.

Sebagai daya tarik pariwisata terbaru di daerah Tabanan, Ia sangat bangga dengan dibukanya Kebun Binatang di Tabanan. Terutama saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dikatakannya ini merupakan langkah yang sangat berani.

“Kami berharap, kedepannya wisata konservasi satwa akan menjadi alternatif baru dalam kepariwisataan Bali dan memberikan dampak positif bagi generasi muda khususnya dalam pelestarian flora dan fauna di Kabupaten Tabanan bahkan Indonesia, sekaligus menjadi ajang promosi di tingkat Internasional,” ujar Sanjaya.

Berada di dataran tinggi yang sejuk, dengan luas total 20 Hektar, Tasta memiliki beragam koleksi satwa dan tumbuhan yang dilestarikan.

Nyoman Adi Wiryatama, selaku pemilik Taman Satwa Tabanan yang juga merupakan Ketua DPRD Provinsi Bali, menyampaikan Taman Satwa Tabanan memiliki konsep Back To Nature, yaitu kembali ke alam.

“Untuk koleksi burung, kita hampir lengkap, ada 20 jenis burung, 4 gajah, 2 beruang, 3 orang hutan, 8 awa, 4 siamang, 2 binturong, 7 landak, 1 komodo, 4 buaya, dan selain itu ada adu adrenaline yang panjangnya 300 meter dan 15 meter di atas binatang buas.

"Jadi cukup mengadu nyali,” ungkap mantan Bupati Tabanan ini.

Tak hanya menonjolkan daya tarik wisata melalui koleksi satwanya saja, Tasta juga dikatakannyan menyuguhkan beragam wahana yang memacu adrenaline dan atraksi pertunjukkan satwa yang dapat dinikmati dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bersama keluarga.

“Untuk saat ini, Tasta sudah dibuka untuk para pengunjung, namun Grand Opening akan dilaksanakan saat taman kunang-kunang selesai dibangun. "Rencana akan diresmikan Presiden ke 5 Indonesia, Ibu Megawati Soekarno Putri,” beber pemilik kebun binatang pertama di Tabanan tersebut.

Selebihnya juga diharapkan dengan dibukanya Taman satwa ini, kerjasama dari semua para pihak terkait dalam bidang pariwisata dapat terus ditingkatkan, sehingga keberadaan sektor pariwisata dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam rangka peningkatan pembangunan di Kabupaten Tabanan, dalam arti luas menuju Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani (AUM). (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi