Perangi Sampah Plastik dan Gerakan Penanaman Pohon di Hari Lingkungan Hidup

Sabtu, 05 Juni 2021 : 21.37

Klungkung - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2021 di Kabupaten Klungkung diisi serangkaian kegiatan mulai penanaman pohon di sekitar area masuk TOSS Center hingga penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Klungkung dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menegaskan komitmennya untuk memerangi sampah plastik demi menyelamatkan lingkungan dari kerusakan.

Hal itu disampaikan Bupati Suwirta saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2021 dengan beberapa rangkaian kegiatan di TOSS Center, Dusun Karangdadi, Desa Kusamba Kecamatan Dawan Klungkung, Sabtu (5/6/2021).

Turut hadir dalam Kegiatan, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra dan undangan terkait lainnya.

Serangkaian kegiatan penanaman pohon di sekitar area masuk TOSS Center, penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Klungkung dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI), serah terima bantuan sarana persampahan oleh APSI, kegiatan Gema Tansaplas oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung dan kegiatan penyemprotan eco-enzym menyasar TPA Sente, Pasar Galiran dan seputaran kota Semarapura yang dilepas langsung oleh Bupati Klungkung.

Bantuan sarana pengelolaan persampahan oleh APSI tersebut berupa mesin conveyor, jembatan timbang (Platform Set Truck Scale), dan dua unit timbangan digital.

Kegiatan Gema Tansaplas oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung berupa pembersihan sampah plastik di sekitar area TOSS Center Karangdadi.

Pemkab Klungkung selalu berupaya untuk menyelamatkan lingkungan dari hal terkecil sampai hal terbesar, dari yang tidak kelihatan sampai yang kelihatan, dari yang tanpa dana sampai ke yang ada dana.

“Mari bersihkan dan jangan kotori lingkungan kita dengan sampah plastik”, ajak Bupati Suwirta.

“Mari tanamkan mindset kita, jika lingkungan bersih maka kita semua menjadi sehat, karena jika lingkungan kotor, biaya kesehatan akan menjadi semakin besar, tidak hanya uang tapi nyawa pun taruhannya," ujar Bupati Suwirta.

Suwirta mengapresiasi kepada PKK Kabupaten dan Kepolisian Resort Klungkung serta semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan di Kabupaten Klungkung.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan. Gerakan Bersama Membersihkan Sampah Plastik akan dilanjutkan Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung dan jajarannya serta instansi terkait lainnya pada 21 Juni 2021 bertempat di Kawasan Pura Watu Klotok Kecamatan Klungkung.

Gerakan Bersama Penanaman Pohon akan dilanjutkan pada 21 Juni 2021 di kawasan Desa Gelgel, Klungkung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemkab Klungkung Ketut Suadnyana selaku Ketua Panitia menyampaikan dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-dunia tahun 2021 mengambil tema restorasi lingkungan, yakni mengembalikan ekosistem ke awal dengan langkah-langkah dan upaya-upaya pencegahan dan pelestarian.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan antara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dengan Ketua DPD APSI Bali Nusa Tenggara Putu Ivan Yunatana.

Seusai penandatanganan dan serah terima bantuan, Bupati Suwirta menyerahkan bantuan bibit pohon cempaka, mahoni, cabai buya secara simbolis kepada masing-masing Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Kewanitaan yang ada di Kabupaten Klungkung serta menyerahkan bantuan vitamin kepada petugas kebersihan. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi