Pemprov Bali Berkomitmen Wujudkan Lansia Tetap Sehat dan Sejahtera

Jumat, 18 Juni 2021 : 10.42
Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia yang diselenggarakan serangkaian puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN)/Dok.Humas Pemprov Bali

Denpasar - Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen tinggi dalam berbagai upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan para lansia.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri pembukaan Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia yang diselenggarakan serangkaian puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2021 bertempat di Agung Ballroom, Hotel Grand Inna, Sanur, Kamis (17/6/2021).

Indra menyampaikan seminar ini sebagai salah satu komitmen kita bersama dalam mewujudkan lansia yang tidak saja sehat tetapi juga sejahtera dan produktif di usia senjanya.

“Menjadi lansia itu sudah pasti, menjadi lansia yang sehat, sejahtera dan produktif itu adalah pilihan yang harus kita wujudkan. Untuk itu perhatian pada lansia itu penting agar mereka tetap sehat dan sejahtera,” imbuhnya.

Indra menambahkan Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen tinggi dalam berbagai upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan para lansia. Salah satunya dengan membuat regulasi berupa Perda No 11 Tahun 2018 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia yang ditindaklanjuti dalam Peraturan Gubernur Bali No 48 Tahun 2020.

Lansia mendapatkan prioritas dalam pemberian Vaksinasi Covid 19 setelah tenaga kesehatan. Hal ini sebagai bukti dari komitmen kita bersama untuk mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan para lansia.

“Pemerintah berkomitmen tinggi dalam mewujudkan lansia yang sehat dan sejahtera. Untuk itu Saya berharap dari seminar ini akan ada ide atau gagasan yang dapat dijadikan pedoman bagi kita bersama untuk membangun kesehatan dan kesejahteraan lansia yang lebih baik kedepannya,” tuturnya.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono menyampaikan secara alamiah kondisi tubuh dan fisik lansia semakin lemah dan kognitif juga mulai melemah, sehingga merupakan tantangan bagi kita semua agar lansia bisa tetap sehat.

Guna mewujudkannya, Wamen mengatakan bahwa peningkatan kesehatan tidak dimulai saat masuk usia senja tetapi kesehatan mulai dijaga dari usia muda dan tetap terjaga hingga lansia.

Acara yang diselenggarakan secara luring dan daring ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, jajaran Kementerian Kesehatan serta pemerintah daerah dari seluruh Indonesia.

Seminar mengangkat tema “Bersama Lansia Keluarga Bahagia” diisi penyerahan Rencana Aksi Nasional (RAN) Kesehatan Lanjut Usia kepada Sekda Bali serta penyerahan plakat sebagai apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Bali atas cakupan vaksinasi pada lansia tertinggi seluruh Indonesia. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi