Normalisasi Muara Aliran Sungai Candigara di Klungkung

Kamis, 10 Juni 2021 : 17.29
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau aliran muara sungai candigara di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung/Dok. Humas Pemkab Klungkung

Semarapura - Mencegah banjir atau meluapnya Sungai Candigara di Banjar Pancingan, Desa Kusamba Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung dilakukan dengan normalisasi muara aliran sungai.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau aliran muara Sungai Candigara di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Kamis (10/6/2021).

Sempat diguyur hujan sungai candigara ini meluap Rabu (9/6) dan merendam puluhan rumah warga. "Hari ini saya turun bersama tim Balai Wilayah Sungai Bali-Penida (BWS) dalam rangka menindaklanjuti permasalahan banjir yang tidak pernah usai," ucapnya.

Langkah cepat yang akan segera dilakukan yaitu penanganan jangka pendek pengerukan normalisasi sungai. Pihaknya juga meminta untuk penanganan jangka panjangnya supaya dilakukan dengan sebaik-baiknya.

"Saya juga sudah dapat berkoordinasi dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida mudah-mudahan ini segera bisa ditengani, untuk masyarakat mari bersama-sama jaga lingkungan sekitar dengan baik jangan sampai ada yang membuang sampah sembarangan ke aliran sungai," harap Bupati Suwirta.

Situasi di lokasi paska meluapnya sungai Candigara pada Rabu, 9 Juni, aliran air di muara sungai cukup bagus, tetapi pada tengah-tengahnya yang menimbulkan masalah. "Dari pihak Balai pasti akan menangani akan langsung eksekusi," imbuhnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi