Tujuh Jurus Atasi Kelelahan saat Riding Ergonomi Bersama Honda PCX160

Sabtu, 29 Mei 2021 : 13.03
Berkendara dengan Honda PCX160/Dok. Astra Motor Bali

Denpasar – Terlalu lama berkendara dengan menggunakan sepeda motor dalam perjalanan jarak jauh tentunya membuat badan menjadi mudah lelah sehingga penting untuk memperhatikan tips berupa jurus-jurus dalam mengatasi rasa lelah.

Kondisi ini terkadang sering dialami oleh pemotor terutama yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh. Seluruh badan akan terasa kaku, mata terasa berat, kaki pegal dan yang paling terasa adalah bagian punggung.

Memperhatikan postur tubuh saat berkendara adalah salah satu focus pengendara saat mengendarai motor agar tidak mudah lelah, berikut ada tujuh jurus yang harus menjadi focus perhatian saat berkendara.

Pertama, kepala dan mata posisi tegak dan mata lurus kedepan untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin saat berkendara, jangan sampai tertunduk, hilang fokus sejenak, apalagi sembari bermain ponsel, sangat tidak disarankan, tapi jika mau terima telepon alangkah baiknya berhenti sejenak.

Kedua, pundak: jangan tegang, terutama di area pundak karena akan mengakibatkan kaku saat berkendara dan mudah lelah, lemesin saja dan rilex. Ketiga, siku: posisi siku sedikit menekuk dan jangan kaku, selain untuk kenyamanan juga untuk kestabilan saat kita melibas jalan rusak.

Kempat tangan: tangan pengendara harus mantap memegang stang kemudi, jangan sampai jari - jemari hanya "Siaga" di handle rem depan yah! berbahaya jika kita rem mendadak sepeda motor akan tetap nyelonong karena grip gas masih ditarik jari Semeton, kalau rem belakang boleh jarinya "siaga".

Lima Pinggul: posisi duduk menentukan prestasi pengendara, jangan terlalu depan, jangan terlalu belakang. yang sedang sedang saja.........

Enam Lutut : lutut lurus jangan terbuka karena kalau terbuka riskan tersenggol oleh kendaraan lain di samping, plus biar tidak masuk angin. Tujuh Kaki: nah posisi kaki pastikan sejajar di dek atau footpegs motor, agar mendapatkan kestabilan menyeluruh.

Berkendara dengan All New PCX 160 memberi kenyamanan lebih saat kita touring maupun berkendara santai, ruang area kaki pengendara, yang kini lebih panjang 3 cm, sehingga membuat posisi berkendara semakin nyaman dalam menempuh area perkotaan maupun jarak jauh.

Hadirnya fitur HSTC semakin memberikan rasa aman dalam mendukung performa terbaik All New Honda PCX saat melintasi kondisi jalan yang licin, sehingga sensasi kesenangan mengendarai skutik premium ini pun tetap terjaga.

Mengadopsi mesin yang lebih bertenaga dengan kapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power plus (eSP+), serta memiliki teknologi minim gesekan dan performa yang meningkat, membuat skutik premium ini mampu memberikan kesempurnaan puncak saat dikendarai harian maupun turing.

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan saat berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Demikian juga, posisi tubuh saat berkendara motor yang benar dan nyaman dapat menurunkan potensi kecelakaan akibat kelelahan.

Bagi pengendara motor, harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati. Namun, dalam waktu bersamaan juga harus rileks agar tidak tegang sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat.

"Pengendara wajib memperhatikan keselamatan dengan #cari aman sehingga berkendara lebih aman dan menyenangkan,” imbuhnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi