Petugas Kuburkan Hiu Paus Tanpa Sirip Mati Terdampar di Pantai Klungkung

Sabtu, 08 Mei 2021 : 21.38
Kapolres Klungkung AKBP Bima Arya Viyasa turut dalam penguburan hiu paus/Dok. Polres Klungkung

Semarapura - Seekor ikan hiu paus yang ditemukan terdampar di pantai Tegal Besar Kabupaten Klungkung akhirnya mati. Ikan Hiu paus atau dengan nama latin, rynocodontypus sempat diselamatkan saat terdampar di Pantai Tegal Besar, Jumat 7 Mei 2021.

Kapolsek Banjarangkan AKP Nico Ruing menjelaskan, temuan Ikan hiu paus kondisi mati sekira pukul 10.45 wita, Sabtu (8/5/2021). Petugas dan warga akhirnya menguburkan ikan hiu paus dengan diupacarai warga setempat.

Baca Juga

Temuan Langka, Paus Sperma Kerdil Terdampar di Perairan Kalimantan

Hadir dalam prosesi penguburan hiu paus Kapolres Klungkung AKBP Bima Arya Viyasa, Waka Polres Klungkung, Kasat Intel Polres Klungkung beserta, Bhabinkamtibmas Desa Negari, Babinsa Negari, KBD Tegal Besar, serta balai pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut Denpasar. BPBD Klungkung unit 9 Polres Klungkung.

Kapolsek Banjarangkan AKP Nico Ruing menyatakan Jumat 7 Mei 2021 sekira pukul 17.00 masyarakat pesisir Tegal Besar yang sedang mandi maupun berenang menemukan paus terdampar.

Warga bersama bhabin bersama sama mengamankan kedaratan ikan besar itu terdampar di pantai kemudian, berusaha didorong kembali ke tengah laut.

Namun, pukul 08.45 wita,ternyata ikan yang sempat diselamatkan ke laut akhirnya ditemukan terdampar mati. Balai Pengelola Sumber Daya Pesisir dan Laut sempat datang melihat kembali kondisi ikan Hiu tersebut.

"Ikan Hiu dalam kondisi mati, ekornya malah sudah tidak ada, termasuk sirip Ikan Hiu tersebut juga sudah tidak ada serta diputuskan untuk dikubur oleh Anggota Kepolisian Resor Klungkung dibantu oleh Warga Tegal Besar," imbuhnya.

"Sebelumnya, diupacarai warga setempat,” ujar Kapolsek Nico. (nik)

Bagikan Artikel

Rekomendasi