Ombudsman Jateng Awasi Pelayanan BPJS dan Pelaksanaan Pemberian THR Bagi Pekerja

Rabu, 05 Mei 2021 : 18.11
Siti Farida Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah/doc.Ombudsman Jateng.

Semarang - Ombudsman RI sesuai tugas dan fungsinya, turut mengawasi Pelayanan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta dalam pelaksanaan pemberian THR bagi Pekerja/Buruh.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah menindaklanjuti Surat Edaran Ketua Ombudsman RI Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Dan Penyelesaian Pengaduan Masyarakat Melalui Mekanisme Respon Cepat Ombudsman (RCO) Terhadap Layanan Jaminan Sosial Dan Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2021 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Tujuan dari Surat Edaran Ketua Ombudsman ini adalah agar Perwakilan Ombudsman mengawasi dan menyelesaikan pengaduan masyarakat dalam mendapatkan hak layanan jaminan sosial kesehatan maupun ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan terlaksananya pemberian THR Keagamaan Tahun 2021 bagi pekerja/buruh di Perusahaan.

“Sehingga, ruang lingkup pengawasan ini meliputi BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan THR Keagamaan tahun 2021 bagi pekerja/buruh di Perusahaan”, ujar Farida dalam keterangan tertulisnya.

Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah memaksimalkan RCO terkait Pengaduan Layanan Jaminan Sosial dan Pemberian THR bagi Pekerja/Buruh.

Mekanisme RCO merupakan mekanisme penerimaan dan pemeriksaan laporan dengan cepat, hal ini untuk mengoptimalkan pemeriksaan untuk memperoleh hasil yang dapat dirasakan langsung oleh Pelapor.

Menunjang hal tersebut, Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Serikat Pekerja di Provinsi Jawa Tengah.

“Penyebaran informasi ini juga dilakukan melalui jejaring Konco Ombudsman untuk memeperluas sebaran penerima,” sambung Farida.

Harapannya, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan terkait Layanan Jaminan Sosial dan Pemberian THR bagi Pekerja/Buruh pada kanal pengaduan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah.

"Guna mencegah maladministrasi, serta dapat melapor melalui aplikasi whatsapp 08119983737 atau email di pengaduan.jateng@ombudsman.go.id”, tutup Farida. (ags)

Bagikan Artikel

Rekomendasi