Kapolres Karangasem Teken Mou Sistem Peradilan Pidana Cerdas Terintegrasi

Jumat, 07 Mei 2021 : 13.12
Penandatanganan MoU diselenggarakan Pengadilan Negeri Karangasem diikuti Bupati Karangasem, Kapolres Karangasem, Kejaksaan Negeri Karangasem dan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Karangasem, Jumat (7/5/2021)

Amlapura - Kepala Kepolisian Resor Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) dalam rangka komitmen dan kerjasama melaksanakan Sistem Peradilan Pidana Cerdas Terintegrasi.

Penandatanganan MoU diselenggarakan Pengadilan Negeri Karangasem diikuti Bupati Karangasem, Kapolres Karangasem, Kejaksaan Negeri Karangasem dan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Karangasem, Jumat (7/5/2021).

Kapolres Suartini, menuturkan, sebagai bagian dari criminal justice system (JCS) pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung terobosan yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Karangasem dalam proses peradilan pidana.

“Kita dukung dan tentunya berpartisipasi penuh dengan kesepakatan bersama ini” ujar dia.

Sistem Peradilan Pidana Cerdas Terintegrasi, merupakan satu kesatuan rangkaian dari sistem manajemen perkara pidana mulai dari penyelidikan, penyidikan, penuntutan, persidangan dan pelaksanaan putusan atau penetapan yang melibatkan komponen peradilan pidana yakni Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan Lapas dengan memanfaatkan teknologi informasi yang menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam penegakan hukum.

Pihaknya berharap dengan Sistem Peradilan Pidana Cerdas Terintegrasi ini dapat mempercepat dan mempermudah proses penanganan perkara/penegakan hukum dengan memadukan antar sub sistem yang ada di sistem peradilan pidana melalui integrasi data yang ada di instansi terkait.

Sehingga penanganan perkara dimulai dari proses penyelidikan hingga pelaksanaan eksekusi dapat dilaksanakan dengan transparan dan akuntabel. Usai kegiatan, acara dilanjutkan sosialisasi restorative justice dan gugatan sederhana pada Pengadilan Negeri Karangasem.

Turut hadir Wakil Bupati Karangasem Dr. I Wayan Artha Dipa, Kajari Karangasen Aji Kalbu Pribadi.  Ketua Pengadilan Negeri Amlapura I Wayan Suarta. Dan Sekda Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta, serta beberap tamu undangan lainnya. (nik)

Bagikan Artikel

Rekomendasi