Kakesdam Udayana Yakinkan Vaksin AstraZeneca Aman untuk Masyarakat

Selasa, 18 Mei 2021 : 00.29
vaksinasi tahap kedua di Krisna Oleh-oleh Bali, Kuta, Kabupaten Badung, Senin (17/5/2021)/Dok. Kesdam IX/Udayana.

Badung - Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, meyakinkan masyarakat bahwa Vaksin AstraZeneca untuk masyarakat Bali maupun di Kodam IX/Udayana dalam kategori aman.

Saat ini, sudah dipakai di banyak tempat seperti di Singaraja, Kediri/Tabanan dan juga di Jembrana dengan kategori, yang bukan dinyatakan ditunda sementara oleh pemerintah.

Baca Juga

Pangdam Brawijaya Yakinkan Vaksin Astrazeneca CTMAV546 Aman Digunakan

“Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi baik untuk masyarakat maupun nakes," ucap Mardika saat vaksinasi tahap kedua di Krisna Oleh-oleh Bali, Kuta, Kabupaten Badung, Senin (17/5/2021).

Vaksinasi ini menyasar sebanyak 650 orang pelaku pariwisata dengan menggunakan Vaksin Sinovac dan melibatkan 4 Tim Vaksinator dari Kesdam IX/Udayana.

Dijelaskan, untuk Bali yang sudah dipakai Vaksin AstraZeneca Nomor Batch CTMAV514 dan CTMAV516 itu, aman-aman saja. Berdasarkan edaran Kementerian Kesehatan RI untuk di Bali itu dinyatakan aman.

Baca Juga

Pemerintah Stop Sementara Penggunaan dan Distribusi Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547

Namun untuk Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 itu bukan ditarik penggunaannya, tetapi untuk sementara ditunda penggunaannya oleh pemerintah.

Penggunaan Vaksin AstraZeneca untuk di Bali awalnya pada 20 Maret 2021 di daerah yang masuk dalam tiga wilayah green zero (Sanur, Ubud dan Nusa Dua) yaitu sebanyak 200 ribu dosis.

Selanjutnya termasuk Mabes TNI melalui Mabesad juga menggunakan Vaksin AstraZeneca karena eranya juga menggunakan vaksin tersebut. Diketahui, saat ini vaksinasi di Bali hampir sekitar 50% dan diharapkan akhir bulan Mei ini bisa dikebut lagi.

Langkahnya, melalui kegiatan serbuan vaksinasi dengan menggunakan Vaksin AstraZeneca dan rencananya juga akan dilaunching untuk diseluruh wilayah Kodam IX/Udayana oleh Pangdam IX/Udayana di Makodam dan juga secara virtual.

Baca Juga

Pesantren Siap Vaksinasi, MUI Jatim: Vaksin AstraZeneca Halal dan Tayyib

Mardika mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Krisna Oleh-oleh Bali merupakan vaksinasi yang kedua kepada 650 orang pelaku pariwisata.

Berdasarkan instruksi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, setelah Tentara, PNS dan KBT atau para purnawirawan yang saat ini juga sedang berjalan kegiatan vaksinasinya.

Pihaknya meembantu dan melayani masyarakat yang diprioritaskan untuk pelayan publik dan pelaku pariwisata seperti yang sedang dilaksanakan saat ini.

Kegiatan ini, juga dalam upaya membantu percepatan program pemerintah tentang Vaksinasi Covid-19. "Semoga Bali ini cepat tervaksinasi sehingga tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity)," sambung Mardika.

Dijelaskan, vaksinasi kali ini menggunakan Vaksin Sinovac dikarenakan para pesertanya ini pada vaksinasi tahap pertama telah menggunakan Vaksin Sinovac. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi