Harga Bawang Merah di Probolinggo Anjlok Rp 16 Ribu per Kilogram

Minggu, 02 Mei 2021 : 11.56

Probolinggo - Saat panen raya harga bawang merah di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur anjlok hingga kisaran Rp16 ribu sampai Rp18 ribu per kilogram. Pasokan bumbu dapur di Pasar Bawang Dringu membludak dari berbagai Desa di Probolinggo Jawa Timur (1/5/21).

Sejumlah pedagang menuturkan, biasanya bawang merah milik Petani bawang asal Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan sampai pukul 09.00 WIB sudah ludes sampai pukul 12.00 WIB masih belum laku.

Pada bulan Ramadhan ini, jumlah pembeli menurun dan kebetulan bersamaan panen raya.

"Biasanya langganan pembeli bawang saya, dari luar Jawa berdatangan bahkan biasanya Seminggu sampai Dua kali ambil Bawang Di Pasar Dringu ini.sekarang sudah Satu minggu ini tidak ada yang belanja," ungkap Hikmah, salah seorang pedagang bawang.

Banyaknya pasokan bawang itu ditambah daerah luar Probolinggo juga panen bawang pada waktu bersamaan. Saat ramai penjual justru sepi pembeli sehingga harga Bawang Merah Superan/besar harganya hanya Rp16.000 sampai Rp18.000/kg nya.

Harga bawang sebelum bulan Ramadhan ini sudah mencapai Rp24.000 dalam bulan April harga bawang merah Tanggung berkisar Rp12.000/kg, harga Bawang merah kecil di bawah 10rb/kg.

"Padahal biaya Penanam bawang merah saat pergantian musim seperti Bulan Maret-April biayanya sangat besar," tuturnya.

Petani Probolinggo banyak menanam Bawang merah di daerah lahan sawah Desa lain selain di daerah Desa Dringu sudah banyak ditanami bawang merah, seperti Desa Pajarakan, Desa Gending, Klaseman, dan juga Desa Maron.

"Karna memang kualitas bawang merah Probolinggo ini bagus," imbuhnya. (ron)

Bagikan Artikel

Rekomendasi