Gandeng Kantor Kemenag, WHDI Tabanan Gelar Pelatihan Kuliner Ikan

Jumat, 07 Mei 2021 : 22.12
Peserta, narasumber dan panitia pelatihan, berfoto bersama sebelum pelatihan

Tabanan - Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Tabanan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kantor Kemenga) Kabupaten Tabanan, menggelar pelatihan kuliner berbahan baku ikan di LPK Karya Lestari, Tabanan (7/5/2021).

Ketua WHDI Kabupaten Tabanan Ni Made Putriningsih Wirna dalam sambutannya mengemukakan, pelatihan yang digelar WHDI ini dalam rangka meningkatkan imun tubuh di masa pandemi covid-19 di kalangan ibu-ibu anggota WHDI.

"Karena dari kuliner berbahan baku ikan yang bergizi tinggi bila dikonsumsi secara berkala terbukti dapat meningkatkan imun tubuh," katanya.

Selain itu, bila kuliner berbahan baku ikan ini bila ke depannya ditekuni oleh ibu-ibu peserta latihan sebagai usaha rumahan dapat meningkatkan ekonomi keluarga yang pada akhirnya akan berdampak kepada pertumbuhaqn perekonomian di Bali.

Di sisi lain, pelatihan ini juga sebagai pelaksanaan dari program kerja WHDi bidang ekonomi.

Ketua WHDI juga mngucpkan terimakasihnya kepada Kantar Kemenag Kabupaten Tabanan yang telah mendanai pelatihan ini serta LPK Karya Lestari yang sudah meminjamkan tempat dan peralatan pengolahan ikan untuk praktek.

"Ke depan semoga kerjasama ini bisa kembali terjalin dengan sasaran anggota WHDI di lain wilayah".

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelatihan Ni Luh Made Ayu Lisnawati Paenatih melaporkan, maksud dan tujuan pelatihan ini di antaranya adalah untuk menumbuhkan interpener baru dalam menumbuhkan ekonomi kreatif sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

"Selain itu juga untuk meningkatkan tingkat konsumsi di masyrakat, khusunya di Kabupaten Tabanan," katanya.

Disebutkan, sesuai ketersediuaan dana yang ada, kegiatan pelatihan diikuti oleh 25 orang peserta dari kalangan ibu-ibu anggota WHDI di Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan dilaksanakan dalam satu hari meliputi teori dan praktek.

"Narasumber pelatihan terdiri tiga orang dari Tim Lembaga Pelatihan Kerja Karya Lestari," ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tabanan diwakili Kepala Seksi Urusan Agama Hindu I Nyoman Buda Antara sebelum membuka pelatihan secara resmi dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kreatifitas dan keterampilan dalam mengolah kuliner berbahan baku ikan ini.

"Kami mengharapkan ibu-ibu peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini dengan seksama," harapnya. Buda Antara juga berpesan agar selama pelaksanaan pelatihan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan dari pemerintah.

"Saya amati, prokes kesehatan sudah diterapkan di sini. Sya harapkan agar prokes ini selalu dijalankan dengan cermat. DSi antaranya selalu mencuci tangan di air yang mengalir, menjaga jarak dan menggunakan masker," tegasnya. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi