Bupati Suwirta Mulai Populerkan Sepeda Motor Listrik di Klungkung

Jumat, 07 Mei 2021 : 10.44
Bupati Suwirta melepas Test Ride Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di depan Monumen Puputan Klungkung, Jumat (7/5/2021)/Dok. Humas Pemkab Klunkung.

Semarapura - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mulai mempopulerkan sepeda motor listrik yang dinilai ramah lingkungan mencegah polusi.

Bahkan, dia mengaku pertama kali membawa sepeda motor setelah delapan tahun menjabat menjadi Bupati. Hal itu disampaikan saat melepas Test Ride Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di depan Monumen Puputan Klungkung, Jumat (7/5/2021).

Suwirta menyambut baik penggunaan bermotor listrik ini termasuk juga ada sepeda dan scooternya. Melalui kegiatan ini tentu jangan hanya sekedar melaksanakan peraturan Presiden maupun peraturan Gubernur Bali saja, tetapi yang paling penting kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Kata dia, saat ini bumi sudah mengalami polusi yang luar biasa akibat penggunaan bahan bakar minyak yang menimbulkan asap.

"Salah satu yang dibuat Negara ini tujuannya selain efesiensi, pasti untuk menghindari pencemaran. Mari kita semua lambat laun merubah pola pikir kita bahwa bumi kita ini harus diselamatkan dan efesiensi harus dilakukan, sehingga kendaraan bermotor listrik ini menjadi pilihan kita semua," harap Suwirta.

Dia merasa nyaman dan luar biasa setelah keliling Kota Semarapura mengendarai motor listrik tersebut. Dirinya membawa sepeda motor ini karena tertantang untuk kendaraan listrik maka harus mencobanya.

Ternyata setelah mencoba Suwirta terasa nyaman, tidak ada getaran, ringan dan tentunya sangat luar biasa. "Semoga dengan adanya kendaraan bermotor listrik ini benar-benar bisa memberikan hal positif untuk mencegah polusi udara," imbuhnya.

General Manager PT. Sentrik Persada Nusantara I Gede Pasek Wijaya menyampaikan PT. Sentrik Persada Nusantara ini merupakan distributor kendaraan listrik di Bali dengan showroom pusat berada di Jl. Gatot Subroto Barat No. 500.

Hadir dalam rangka mendukung program pemerintah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) untuk transportasi jalan dan Peraturan Gubernur Bali nomor 48 Tahun 2019 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Wujud komitmen mendukung program pemerintah ini antara lain telah bekerjasama dengan beberapa pabrik untuk menghadirkan berbagai variant kendaraan listrik, menyediakan produk jenis motor listrik yang sudah lulus tipe sehingga memenuhi standar teknis dan layak jalan (On The road) dan menjamin pelayanan purna jual.

Juga menyediakan sparepart dan layanan home service. Pihaknya juga sudah bekerja sama dangan bank BPD Bali untuk pembiayaan ke koperasi dan bekerja sama dengan Jamkrida Bali untuk penjaminan pembiayaan kredit kendaraan bermotor listrik.

“Melalui komitemin, kami dapat mendukung dan bersinergi dalam mewujudkan implementasi program pemerintah, percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) untuk transportasi jalan khususnya di Kabupaten Klungkung,” ujar Wijaya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi