Ancaman Covid-19 Masuk ke Klaster Jamaah Jumat

Jumat, 28 Mei 2021 : 21.05
Suasana sholat Jumat di masjid Jami' Baitu Bi Fadillah Widorokandang, yang dilaksanakan secara berjamaah dengan pengaturan shaf yang sudah ditentukan oleh garis penanda sehingga jarak antar jamaah tidak bersinggungan langsung/Agus Nugroho Purwanto.

Pati - Selain merupakan kewajiban umat muslim, sholat berjamaah juga dapat lebih mendekatkan sesama antar warga. Salah satu sholat jamah adalah melaksanakan sholat Jumat.

Dalam kesempatan tersebut, para masyarakat dapat melaksanakan sholat di masjid yang berada di lingkungannya masing masing. Berbeda halnya bagi kaum musafir dapat mengikuti sholat Jumat di masjid terdekat saat melakukan perjalanan.

Pantauan sholat Jumat (28/5/2021) di masjid Jami' Baitu Bi Fadillah di Widorokandang Pati Jawa Tengah, sholat Jumat dilaksanakan secara berjamaah dengan pengaturan shaf yang sudah ditentukan oleh garis penanda.

Takmir masjid Muhammad Sholeh mengatakan, untuk para jamaah diwajibkan menggunakan masker, dan saat ini terlihat sudah menggunakan, serta kami menghimbau masyarakat sekitarnya agar selalu disiplin terapkan 5M untuk mencegah Covid 19.

"Setelah sholat jumat, kami menyempatkan diri berbincang dan berdialog dengan jamaah terkait situasi kamtibmas dan kesehatan jamaah," imbuhnya.

Berkaca pada adanya ledakan-ledakan setelah libur panjang, Indonesia kini menambah strategi pencegahan dari 3M menjadi 5M yakni menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Makna gerakan 5M protokol kesehatan adalah sebagai pelengkap aksi 3M, yaitu:

  1. Memakai masker,
  2. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,
  3. Menjaga jarak,
  4. Menjauhi kerumunan, serta
  5. Membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Kabupaten tetangga kami di Kudus saat ini sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19, sehingga wilayah kami terutama lingkungan masjid, yang menjadi tempat persinggahan para musafir, memperketat prokes kepada jamaah yang sifatnya adalah saling menjaga jarak agar resiko virus masuk ke lingkungan masjid dapat dihindari," tutupnya.

Dihimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, kalau beraktivitas, maka 5M juga harus dilakukan, walaupun saat ini pelaksanaan vaksin juga dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat. (ags)

Bagikan Artikel

Rekomendasi