2.605 Siswa Klungkung dapat Beasiswa Miskin di Hardiknas

Rabu, 12 Mei 2021 : 11.19
Suwirtta didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana menyerahkan Beasiswa Miskin sebanyak 2.605 kepada siswa SD dan SMP/Dok. Humas Pemkab Klungkung

Klungkung - Menandai serangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan untuk 2.605 beasiswa bagi siswa tidak mampu.

Suwirtta didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana menyerahkan Beasiswa Miskin sebanyak 2.605 kepada siswa SD dan SMP.

Acara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Selasa (11/5/2021). Hardiknas 2021 mengambil tema "Kita Mampu Serentak Bergerak Wujudkan Merekan Belajar untuk Menuju Klungkung yang Unggul dan Sejahtera dengan Spirit Gema Santi".

Bupati asal Nusa Ceningan ini menyampaikan, pendidikan menjadi fokus Pemkab Klunigkung wujudkan merdeka belajar dengan memberikan beasiswa miskin.

Bupati Suwirta menyarankan agar beasiswa yang diberikan kepada KK Miskin sesuai kebutuhan penerima beasiswa dan didata dengan sebaik-baiknya mengenai siapa yang berhak diberikan beasiswa.

"Sesuai dengan tema hardiknas Bergerak wujudkan mereka belajar harus dengan pendidikan karakter, dikumandangkan lagu gema santi, budayakan salam gema santi dan pengolahan sampah dengan menyiapkan bangdaus," ujar Suwirta.

Untuk program satu Desa satu TK Negeri Seluruh Desa di Kabupaten Klungkung memiliki Satu TK Negeri, dan masing-masing TK dilengkapi mobil angkutannya. Selain itu, program merdeka belajar ini dilahirkan dari banyaknya keluhan di sistem pendidikan.

Salah satunya keluhan soal banyaknya peserta didik yang dipatok oleh nifai-nilai tertentu dengan sistem pengajaran masih mengandalkan guru yang berceramah di depan kelas, sehingga sering menimbulkan kejenuhan.

Tujuan merdeka belajar adalah agar para guru, peserta didik, serta orang tua bisa mendapat suasana yang bahagia. Bahagia buat guru, bahagia buat peserta didik, bahagia buat orang tua, dan bahagia “Guru yang baik belum tentu guru penggerak, tetapi guru penggerak sudah pasti guru yang baik ” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana, melaporkan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 di Kabupaten Klungkung diisi dengan penyerahan Beasiswa Miskin.

"Beasiswa SD Sebanyak 2092 orang dengan penerimaan per orang per tahun sebesar Rp. 500.000,00 sedangkan Beasiswa SMP Sebanyak 513 orang dengan penerimaan per orang per tahun sebesar Rp. 600.000,00 dari sumber dana APBD tahun 2021 sebesar Rp1.353.800.000,00," ujar Sujana.

Lebih lanjut peringatan kali ini juga diisi dengan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada tanggal 21 Mei di Kantor Dinas Pendidikan serta kegiatan Puputan Sampah Plastik yang dilaksanakan di masing masing Kecamatan. (nik)

Bagikan Artikel

Rekomendasi