Usung Gema Santi, Bupati Klungkung Pastikan Mengayomi Semua Umat Beragama

Kamis, 01 April 2021 : 16.48
Dalam kaitan mengantisipasi masalah konflik sosial, Bupati Suwirta mengjhadiri Rakor Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Klungkung, Kamis (1/4/2021)/ist.

Semarapura - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memastikan akan membuat kabupaten berjuluk Bumi Serombotan ini menjadi aman dan rukun dengan spirit Gema Santi mengayomi semua umat beram.

Dalam kaitan mengantisipasi masalah konflik sosial, Bupati Suwirta mengjhadiri Rakor Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Klungkung, Kamis (1/4/2021).

Turut hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya, Ketua FKUB Kabupaten Klungkung I Gusti Made Warsika, Bendesa Madya Majelis Desa Adat Kabupaten Klungkung, I Dewa Made Tirta dan undangan lainnya.

Diketahui sebelumnya, kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Klungkung mendapat apresiasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kemenag RI menganugerahi Pemkab Klungkung dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klungkung penghargaan Harmony Award 2020.

Pemkab Klungkung menjadi satu-satunya Kabupaten di Bali dan tiga besar di Indonesia yang berhasil mengawinkan dua penghargaan tersebut bersama FKUB.

Suwirta dalam arahannya mengatakan proses pencegahan harus selalu dilakukan sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi. Sementara situasi terkini di Kabupaten Klungkung menunjukan masih kondusif.

"Mari kita jaga bersama - sama situasi aman ini.Tetap lakukan langkah-langkah pendekatan jangan sampai terjadi maslah baru turun dan yang penting bagaimana membuat kabupaten klungkung ini menjadi aman dan rukun dengan spirit Gema Santi mengayomi semua umat berama," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengucapkan terimakasih kepada elemen masyarakat yang sudah mengerti arti penting sebuah kerukunan yang merupakan aset yang paling mahal.

"Keberagaman ini sangat indah sehingga harus terus dijaga dan dirawat dengan baik sehingga terwujud kehidupan yang harmonis di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya menjelaskan, adapun tujuan diadakan rapat ini tiada lain menjalin komunikasi antar umat beragama agar tetap bersinergi saling menghormati satu dengan yang lainnya.

"Bulan April ini banyak sekali kegiatan keagamaan, melalui rapat kali ini terjalin komunikasi agar Kabupaten Klungkung tetap aman dan damai" Ujar Gede Kusumajaya.

Disamping itu, terkait pelaksanaan perayaan hari raya di masing-masing umat beragama di Kabupaten Klungkung, diharapkan dalam melaksanakan perayaan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi