Tragedi KRI Nanggala-402 di Laut Bali, Selamat Jalan Prajurit Teladan

Selasa, 27 April 2021 : 09.55
Penghormatan kepada KRI Nanggala 402 /Tangkapan layar dari akun instagram Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo @dhu_yuand

Saya pernah memasuki kapal selam bekas, yang saat ini sudah jadi monumen di pinggiran Sungai Kalimas dekat Delta Plaza, Surabaya. Ruang-ruang kapal selam terbagi dalam beberapa kompertemen yang sempit.

Antar kompartemen terdapat pintu dalam bentuk lingkaran, yang cara memasukinya harus dengan cara naik dan memasukan kepala terlebih dulu, seperti merangkak.

Ruang-ruang kerja di kapal tersebut rata-rata sempit, dan sebagian tempat tidurnya dibuat menggantung, menempel di dinding kapal bagian dalam.

Orang yang mau tidur harus naik, dan dugaan saya tempat tidur tersebut juga jarang ditiduri dalam waktu lama saat kapal beroperasi. Saya membayangkan jika awak kapal dalam posisi penuh, artinya seluruh kapasitas terisi, pasti kondisi di dalam kapal akan terasa sempit.

Saat saya mengingat-ingat situasi di dalam kapal selam bekas tersebut, saya membayangkan detik-detik terakhir para prajurit AL yang berada dalam Kapal Nanggala 402.

Mereka berdoa, saling menguatkan satu sama lain, dan tidak ada kesedihan di antara mereka. Mereka adalah para prajurit tangguh yang sudah lama dilatih untuk menghadapi situasi tersulit sekalipun.

Kesempitan di dalam kapal selam adalah kelapangan yang luar biasa dalam keikhlasan menjalankan tugas menjaga kedaulatan bangsa. Saat detik-detik kapal pecah menjadi tiga bagian, mereka saling berdiri tegak dan menghormat.

Mereka telah berjihad dengan cara yang mulia, bukan saling membunuh sesama manusia, namun dengan menyerahkan seluruh yang mereka punya kepada bangsa, negara, dan ke Yang Mahakuasa.

Selamat jalan prajurit terbaik. Insya Allah Tuhan telah mendekap kalian, seraya berbisik, "Kamu semua semulia-mulianya manusia...". Selamat jalan prajurit teladan.".

*Prof Dr. Purnawan Basundoro, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Surabaya*

Bagikan Artikel

Rekomendasi